Mengerikan! Desainer Indonesia Diduga Pesan Organ Manusia dari Brasil, Komisi III DPR : Ini Sangat Mengejutkan

Desainer Indonesia Diduga Pesan Organ Manusia dari Brasil
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Polisi diminta mengusut tuntas terkait paket berisi organ-organ manusia dari Brasil. Paket tersebut diduga dipesan seorang perancang busana asal Indonesia.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, penemuan organ manusia untuk kepentingan desain seni ini merupakan tindakan di luar nalar, sehingga polisi harus sigap mengusut kasusnya hingga tuntas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ini penemuan yang sangat mengejutkan dan tidak masuk akal, di mana ada dugaan penyelundupan organ manusia yang akan dikirimkan ke Indonesia, untuk kebutuhan desain seorang perancang busana,” ujar Sahroni di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Dia juga mengapresiasi Interpol yang tegas dan cepat berkoordinasi dengan pihak kepolisian Brasil karena itu dirinya meminta polisi mengusut kejadian tersebut hingga tuntas.

Menurutnya, penyelundupan tersebut masuk dalam kejahatan transnasional, sehingga oknum yang terlibat harus dijatuhkan hukuman tegas.

Dia mencontohkan, dalam UU nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan disebutkan penyelundupan organ manusia dilarang, dan dalam UU nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian disebutkan bahwa penyelundupan manusia adalah bentuk kejahatan transnasional.

“Jadi bisa dipastikan bahwa polisi harus menyidik dan menindak oknum pemesannya di Indonesia, dan pastikan mereka mendapat hukuman yang setimpal atas perbuatannya,” ucapnya.

Polri bersama Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) diminta terus berkolaborasi dalam hal peningkatan pengawasan dalam kejahatan transnasional.

Dia menilai, langkah koordinasi dan kolaborasi tersebut dibutuhkan karena semakin canggihnya aksi-aksi pidana yang bisa dilakukan secara lintas negara.

Sebelumnya, Polri meminta konfirmasi Kepolisian Federal Brasil terkait paket berisi organ-organ manusia yang diduga dipesan oleh seorang perancang busana asal Indonesia.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *