Anies Baswedan: KAHMI menjadi Simpul Perekat, Penguat Persatuan di Indonesia

KAHMI menjadi Simpul Perekat
Anies Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tampil memberikan orasi ilmiah di acara penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Harbour Bay Hotel Batam, Sabtu malam (26/2/2022).

Dalam orasi ilmiahnya, Anies Baswedan antara lain mengemukakan, KAHMI telah menjadi simpul perekat, penguat persatuan di Indonesia. KAHMI ada di semua tempat dan KAHMI mewarnai semua tempat, boleh berperan jadi apa saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tapi, mari kita jaga bendera ini tetap berkibar tinggi, warnanya hijau-hitam,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini.

Dia menjelaskan KAHMI menjadi simpul dan penguat persatuan karena sebaran kader hijau hitam dan pengaruhnya yang luas. Proses pengkaderan telah membentuk intelektualisme kader kebangsaan dan keunmatan, keindonesian dan keislaman.

HMI adalah institusi yang memproduksi, menyuplai, dan menumbuhkan potensi kepemimpinan. Hal itu tecermin dari banyaknya kader yang berada di berbagai institusi dan mengisi posisi strategis se-Indonesia.

“Organisasi yang sebarannya [kader] paling luas dan pengaruhnya paling banyak tidak ada yang lain selain HMI,” kata mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Semua itu tak lepas dari peran HMI dalam menumbuhkembangkan kapasitas intelektual para kadernya.

“Saya kira, di antara semua organisasi yang hadirkan intelektual, pemikir, cendikiawan, maka HMI akan berada di depan karena tradisi berpikir paling kuat,” katanya lagi.

Anies Baswedan berharap Rakornas IV KAHMI menelurkan rekomendasi dan arahan antisipasi tentang perubahan yang terjadi agar tidak tertinggal perkembangan zaman.

Dia pun menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Rakornas. Kiita sampaikan pesan kepada Indonesia, KAHMI menjadi simpul perekat, penguat persatuan di Indonesia.

KAHMI ada di semua tempat dan KAHMI mewarnai semua tempat. Boleh berperan jadi apa saja, tapi kita jaga bendera ini tetap berkibar tinggi, warnanya hijau-hitam,” kata Anies Baswedan menberi semangat.

Di awal orasinya, Anies Baswedan sempat bercanda, dirinya gubernur tapi mewakili wakil gubernur hadir di Rakornas IV di Kota Batam ini.

“Sekarang di Majelis Nasional adalah Pak Wakil Gubernur [Ahmad Riza Patria. Tapi, karena Pak Wakil Gubernur yang enggak bisa hadir, maka Gubernur yang mewakili Wakil Gubernur,” selorohnya.

“Tapi, itulah KAHMI. Dan Jakarta sekarang [posisi] gubernur dan wakil gubernur adalah KAHMI. Insyallah, nanti bsia dipertahankan terus, ya,” kata Anies Baswedan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *