Hikmah Pagi : 4 Keutamaan dan Manfaat Surat Al Ikhlas

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Surat Al Ikhlas merupakan surat ke-112 dalam Al Quran dan terdapat 4 ayat, surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang mengandung isi tentang ke Esaan Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Setiap surat pada Al Quran tentunya akan memiliki keistimewahan dan keutamaan masing-masing, tidak terkecuali dengan surat Al Ikhlas.

Surat Al Ikhlas diturunkan di kota Makkah yang memiliki arti “Memurnikan Keesaan Allah”, ada hadist yang menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca surat Al Ikhlas setara dengan membaca sepertiga Al Quran.

Berikut ini 4 keutamaan dan manfaat surat Al Ikhlas, dilansir dari kanal YouTube Nasehat Islam TV pada Kamis 20 Januari 2022.

1. Menggapai cinta Allah

Dengan membaca surat Al Ikhlas kita dapat menggapai cinta Allah SWT, namun kita harus mengamalkannya dengan sepenuh hati dan tidak cukup hanya membaca atau menghapalnya.

Selain itu kita juga harus mampu meyakini sepenuh hati tentang keesaan dan kebesaran Allah SWT.

2. Jalan Menuju Surga

Ada hadist yang menegaskan yang berbunyi, “aku datang bersama Rasulullah Shallalahu ‘alihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca : Qul huwa-llahu ahad, Allahush Shamad, maka Rasullulah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “telah Wajib,” aku bertanya. “(Telah wajib baginya) syurga.”

Dengan berdasarkan hadist tersebut dapat diartikan bahwa surat Al Ikhlas dapan menjadi jalan untuk menuju surga Allah.

3. Sebagai pelindung dari berbagai keburukan

Ada 3 surat yang disebutkan dalam sebuah hadist yang mengandung tentang pelindungan dari segala keburukan.

Surat tersebut ialah : An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas yang memiliki manfaat sebagai pelindung dari berbagai keburukan.

Sebagaimana sabda Rasulullah, yaitu “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang-orang yan berlindung dengannya (tiga surat) tersebut.” (Hadist Riwayat An Nasa’i).

4. Dijaukan dari kemiskinan

Salah satu manfaat dai membaca surat Al Ikhlas yaitu akan dijauhkan dari kemiskinan, apabila kita benar-benar mengamalkan dan tidak hanya membacanya saja.

Selain itu kita juga harus benar-benar mempercayai kandungan isi dari surat Al Ikhlas yang terkait dengan ke Esaan Allah SWT.

Itulah 4 keutamaan dan manfaat surat Al Ikhlas yang salah satunnya dapat menjauhkan dari kemiskinan.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *