Inilah Tanda Infeksi Ginjal yang Sering Diabaikan, Nomor 7 Jangan Dianggap Enteng Ya!

tanda Infeksi Ginjal
tanda Infeksi Ginjal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Banyak orang yang lebih memperhatikan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah dan juga kolesterol. Namun, ada yang enggak kalah penting untuk dipedulikan, yakni kesehatan ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Pasalnya ginjal berfungsi untuk mengeluarkan limbah dan racun oleh tubuh melalui sistem eksresi atau urin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ginjal adalah sepasang organ vital yang terletak di belakang daerah perut, di kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk. Organ berbentuk seperti kacang ini panjangnya kira-kira 11-12 cm pada manusia dewasa.

Jadi, ketika ginjal ada gangguan bahkan tak bisa berfungsi, itu dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan karena limbah dan racun enggak dapat keluar dari tubuh secara efektif.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari tanda-tanda masalah pada ginjal. Padahal infeksi ginjal yang tak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan batu ginjal dan bahkan gagal ginjal.

Untuk menghindari hal itu, yuk ketahui berikut ini adalah beberapa tanda infeksi ginjal yang tak boleh diabaikan seperti dilansir dari Boldsky (11/3/2022):

1. Sering Buang Air Kecil

Jika frekuensi ke kamar mandi untuk buang air kecil meningkat, namun Anda merasa tak minum berlebihan, itu bisa jadi tanda masalah pada ginjal.

Ketika jaringan ginjal terkena infeksi bakteri, itu akan jadi meradang dan teriritasi, merangsang kandung kemih lebih banyak, sehingga meningkatkan keinginan untuk sering buang air kecil.

2. Urine berbau busuk

Tanda lain dari infeksi ginjal adalah urin mulai berbau busuk atau sudah berbau busuk. Bau ini akan sangat berbeda dengan bau urine biasa.

Hal ini terjadi karena ketika ginjal terinfeksi, sel-sel nanah akan diproduksi di dalamnya. Sel-sel nanah dikeluarkan melalui urin dan kondisi ini menciptkana urin yang berbau busuk.

3. Sakit Saat Buang Air Kecil

Sering kali orang, terutama wanita, mengalami rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil dikira sebagai gejala infeksi saluran kemih dan mengabaikannya karena tidak terlalu serius.

Namun, bisa juga merupakan gejala infeksi ginjal, apalagi jika dibarengi dengan beberapa gejala lain. Rasa sakit terjadi karena infeksi ginjal juga dapat ‘membakar’ uretra dan kandung kemih, menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

4. Sulit Buang Air Kecil

Tanda lain yang diakibatkan oleh infeksi ginjal adalah ketika Anda merasa ingin buang air kecil, namun tak ada cairan yang ke luar.

Ini juga bisa karena infeksi ginjal, terutama jika disertai dengan rasa sakit karena peradangan pada ginjal dapat menghalangi urin keluar dari tubuh dengan mudah.

5. Sakit Punggung

Sebelumnya kita membaca bahwa ginjal terletak di daerah belakang, di kedua sisi tulang belakang. Jadi, secara alami, ketika ginjal meradang dan terinfeksi, bisa menyebabkan sakit punggung.

Nyeri punggung ini biasanya awalnya tumpul dan ringan sehingga orang cenderung mengabaikannya. Namun, nyeri punggung yang terus-menerus dapat mengindikasikan infeksi ginjal dan harus diperiksa.

6. Darah Dalam Urine

Melihat darah saat buang air kecil, terutama jika disertai dengan rasa sakit dan bau busuk pasti bisa mengindikasikan infeksi ginjal.

Meskipun tanda ini mungkin baru terjadi pada tahap selanjutnya. Peradangan dan infeksi dapat menyebabkan pendarahan di ginjal yang bercampur dengan urin dan terlihat saat keluar dari tubuh.

7. Flu

Ini adalah tanda lain dari infeksi ginjal yang tak boleh diabaikan atau disalahartikan sebagai flu biasa. Flu terjadi ketika bagian tubuh di mana pun terinfeksi, karena sistem kekebalan akan melawan infeksi, menyebabkan gejala flu.

Jadi, jika Anda sedang mengalami flu, apalagi jika dibarengi dengan satu atau lebih gejala yang disebutkan di atas, Anda harus segera memeriksakan diri untuk infeksi ginjal.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *