Waduh! SoftBank Jepang Batal Investasi di Ibu Kota Baru

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id — SoftBank Group batal berinvestasi di proyek ibu kota baru Indonesia. Pembatalan investasi mereka sampaikan Jumat (11/3).

Mengutip asia.nikke.com, meski membatalkan rencana investasi di ibu kota baru, SoftBank tetap berkomitmen untuk mendukung pengembangan perusahaan rintisan di Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai informasi, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan pernah mengklaim SoftBank, raksasa telekomunikasi dan media Jepang, akan menjadi salah satu investor pembangunan ibu kota baru.

Tak tanggung-tanggung, investasi yang ingin ditanamkan sebesar US$100 miliar atau Rp1.428 triliun (Kurs Rp14.428 dolar AS).

Luhut mengaku kaget bahkan sempat tak percaya dengan investasi bombastis tersebut. Pasalnya, pemerintah sempat mengajukan permintaan investasi hanya US$25 miliar atau Rp350 triliun.

Dengan dana sebesar itu pun, Luhut bilang mencukupi pendanaan ibu kota baru hingga 5 tahun ke depan.

“Beliau (Masayoshi Son) terus mau investasi. Untuk saya ya, too good to be true. Tetapi, semua sudah jalan dan kami lihat tim sudah bekerja. Saya katakan ke dia minta US$25 miliar saja,” jelas Luhut pada Januari 2020 lalu.

Namun, klaim Luhut itu dibantah Presiden Softbank Masayoshi Son. Saat bertemu dengan Jokowi pada 2020 lalu, ia mengatakan pihaknya belum memutuskan berapa uang yang digelontorkan untuk berinvestasi di Ibu Kota baru Indonesia.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *