Hikmah Siang : 5 Nabi Ulul Azmi dan Kisah Teladannya yang Patut Diteladani

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Di dalam Al-Qur’an, ada 25 Nabi yang diceritakan dan harus dipercaya. Kemudian dari 25 Nabi tersebut, ada 5 Nabi yang memiliki kelebihan khusus. Mereka dikenal dengan nama Nabi Ulul Azmi. Siapa saja kah 5 Nabi yang dijuluki Ulul Azmi tersebut?

Diketahui, julukan Nabi Ulul Azmi ini berikan kepada 5 Nabi dan Rasul yang memiliki ketabahan yang besar dalam menghadapi berbagai cobaan. Ketika mereka dihina, bahkan diancam akan dibunuh, mereka sabar menghadapinya.

Adapun 5 Nabi Ulul Azmi tersebut yaitu adalah Nabi Nuh As, Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As, dan Nabi Muhammad SAW.

Mukjizat dan Kisah Teladan Para Nabi Ulul Azmi

Berikut ini mukjizat dan kisah teladan 5 Nabi Ulul Azmi yang dilansir dari suara.com.

1. Nabi Nuh As

Nabi Nuh diutus berdakwah untuk anak-anak Rasib. Mereka termasuk orang yang sulit dipercaya. Mereka menyembah berhala, termasuk anaknya Kan’an dan istrinya Wali’ah juga memberontak.

Allah SWT pun mengutus Nabi Nuh untuk membuat kapal karena akan datang banjir besar. Nabi Nuh masih tetap dicaci maki bahkan dianggap gila karena tidak mungkin terjadi banjir besar. Kemudian, banjir besar datang dan seluruh umat yang menolak ajarannya tersapu banjir, termasuk anak-anak istrinya.

2. Nabi Ibrahim As

Nabi Ibrahim juga diuji kesabarannya ketika mendapat perintah menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail. Dia begitu patuh dan akhirnya diganti dengan domba dari surga.

Nabi Ibrahim juga pernag dibakar oleh Raja Namrud. Karena keteguhan imannya kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim mampu bertahan di tengah-tengah api, dan api itu dingin.

Musa lahir saat Fir’aun bermimpi bahwa akan ada seorang putra melawannya. Dia pun memerintahkan agar semua bayi lahir dibunuh. Ibu Musa, Yukabad, tidak ingin bayinya dibunuh, jadi dia menyembunyikannya di sungai Nil. Kemudian Istri Firaun menemukannya dan merawatnya.

Musa tumbuh cerdas dan rajin berdakwah. Dia selalu berhadapan dengan penyihir istana dan selalu ada mu’jizat bersamanya. Musa melarikan diri ke laut merah dan membelah laut dengan izin Allah. Fenomena ini merupakan salah satu mukjizat nabi Musa.

Nabi Isa lahir dari seorang perempuan suci bernama Maryam. Nabi Isa dikaruniai banyak mukjizat, di antaranya ia dapat berbicara saat masih bayi, dan dapat menyembuhkan orang buta dan penyakit kulit.

Tapi cobaan terus datang. Saat Nabi Isa bersembunyi dari serangan musuh, Yahuza melaporkan tempat persembunyiannya. Ketika Nabi Isa hendak ditangkap dan disalibkan oleh pasukan musuh, Allah SWT mengubah wajah Yahuza menjadi mirip dengan wajah Nabi Isa, hingga akhirnya Yahuza yang ditangkap dan disalib.

Kisah Nabi Muhammad sangat banyak. Karena perilakunya adalah perilaku yang agung. Salah satu kisah kesabarannya adalah dengan nenek yang membenci Muhammad.

Alkisah seorang nenek yang penuh kelelahan dan lemas karena memikul beban yang berat, dibantu oleh Nabi Muhammad SAW. Nenek itu dengan senang hati menyambutnya. Namun, di sepanjang jalan sang nenek selalu memperingatkan pemuda yang membantunya, agar menjauhi sosok bernama Muhammad.

Nabi Muhammad terus mendengarkan ocehan Nenek dan tidak marah. Hingga akhirnya di ujung jalan, Sang Nenek menanyakan nama pemuda yang membantunya. Dia berkata, “Muhammad.” Akhirnya sang nenek masuk Islam.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *