Jusuf Kalla Serahkan Bantuan Mobil Tangki Kepada Korban Gempa Pasaman Barat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Jusuf Kalla (JK) menyerahkan bantuan mobil tangki kepada warga korban gempa Pasaman Sumatera Barat, Sabtu, (19/3). Bantuan itu dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, bulan lalu.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 itu menegaskan pentingnya ketersediaan air bersih bagi warga korban gempa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Yang paling pertama itu adalah kebutuhan air. Yang kedua obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Gempa itu selalu begitu. Itu bahkan bisa sampai setahun (air bersih),” tegas JK, Sabtu (19/3).

JK mencontohkan kasus bencana alam Merapi yang membutuhkan penyediaan air bersih hingga 1,5 tahun dan gempa Lombok yang butuh waktu hingga 2 tahun.

Maka, ia menjamin PMI pusat akan memantau kondisi warga yang terdampak gempa bumi dan menyalurkan bantuan kepada korban gempa sesuai kebutuhan berdasarkan laporan dari PMI Sumbar.

“Bahkan jika kurang kita akan tambah untuk memenuhi kekurangan,” ucapnya.

Sebelumnya, gempa bumi mengguncang Pasaman Barat terjadi pada 25 Februari 2022 lalu. Kekuatan 6,1 Mw itu berlokasi di darat lereng Gunung Talamau pada kedalaman 10 km. Sejumlah orang meninggal dunia dalam gempa tersebut.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *