Masjid Istiqlal Dibuka 100 Persen Selama Ramadhan

wajah baru mesjid istiqlal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id – Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi, memastikan bahwa Ramadhan tahun ini, Masjid Istiqlal dibuka 100 persen untuk kegiatan ibadah selama Ramadhan. Dia memastikan itu setelah bertemu langsung dengan Imam Besar Masjid Istiqlal. Untuk mendukung kebijakan itu, pihaknya langsung bergerak cepat menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di pintu masuk Masjid Istiqlal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Masjid Istiqlal rencananya ramadhan ini akan buka full 100 persen, saya udah ketemu sama imam besarnya, akan dibuka 100 persen,” katanya, Rabu (23/3/2022).

Dia menjelaskan, kebijakan itu mereka tindaklanjuti dengan melakukan sterilisasi area pintu masuk As-Salam yang saat ini dibajak PKL. Dia mengatakan, pihaknya telah menertibkan dan melarang pedagang berjualan disitu. Dia mengatakan, telah mengerahkan Satpol PP Jakarta Pusat dan tim gabungan nya membersihkan PKL tersebut.

“Itu jalurnya di depan di pintu As-Salam crowded, yang banyak PKL-PKL, kurang lebih ada 25 PKL lah, yang seberang busway, depan Pasar Baru, nah itu kita coba mengosongkan karena permintaan dari Istiqlal,” katanya.

Dia menjelaskan, Masjid Istiqlal bakal jadi tempat masyarakat dan pejabat negara maupun duta besar melaksanakan sholat lima waktu dan taraweh. Kareanya, kata dia, tak elok bila pintu masuk masjid tersebut dikuasai PKL.

“Di bulan Ramadhan itu banyak kunjungan dari duta besar, menteri-menteri, tidak tertutup kemungkinan Presiden akan salat di situ, jamaah di situ, kemungkinan Presiden juga akan berkunjung. Nah ini lah yg akan kita tertibkan,” katanya.

Untuk menghindari kembalinya PKL ke area pintu masuk, di titik-titik yang selama ini dikuasai PKL di akses masuk sudah dipasangi beton barier. Tujuannya agar para PKL tidak lagi membuka lapak dagangannya disana. Selain itu, mereka juga akan mendirikan posko jaga yang akan ditempati Satpol PP. Para pedagang, kata dia, sudah disiapkan tempat relokasi.

“Besok uji coba kita pasang barrier kurang lebih 50 barrier supaya mereka tidak bisa berdagang. Jadi sudah saya sampaikan ke pakWalikota juga, kita harus bantu karena kebetulan di Jakarta Pusat, ini kan harus dibersihkan,” katanya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *