Untuk Mendukung Kesehatan Tulang hingga Kulit, Inilah 6 Khasiat Sarang Burung Walet untuk Tubuh

Khasiat Sarang Burung Walet
Khasiat Sarang Burung Walet
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idTerbuat dari air liur burung yang disebut burung walet, sarang ini sebenarnya tidak mudah untuk dipanen, sulit disiapkan, namun menurut pengobatan tradisional Tiongkok, memiliki daftar panjang manfaat kesehatan.

Meski secara tradisional sarang burung walet dikonsumsi dalam bentuk sup, bahan makanan unik ini juga diubah menjadi tambahan dalam makanan dan minuman serta dimasukkan ke dalam kosmetik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kawanan burung walet sendiri ditemukan paling banyak berada di Indonesia, yang menjadi penghasil sarang burung walet terbesar, diikuti oleh Malaysia, sebagai penghasil sarang burung walet paling produktif.

Meskipun 24 spesies burung wallet juga ditemukan di seluruh dunia, hanya burung walet sarang putih (Aerodramus fuciphagus) dan burung walet sarang hitam (Aerodramus maximus) yang berkontribusi di pasaran.

Sarang burung walet yang dapat dimakan menyerupai tempat tidur gantung yang terdiri dari benang yang ditenun rapat. Sarang ini bisa berwarna putih, kuning, atau merah. Sarang terbuat dari air liur burung walet yang mengeras. Mereka juga mengandung bulu dan material lainnya.

Selain itu, sarang burung walet yang dapat dimakan tidak terdiri dari ranting atau jenis bahan tanaman lainnya, seperti kebanyakan sarang burung yang dibayangkan. Sarang burung walet yang dapat dimakan juga dibersihkan terlebih dahulu dari bulu, butiran pasir, dan material lainnya sebelum digunakan sebagai bahan konsumsi.

Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih banyak, namun ada banyak klaim tentang khasiat sarang burung walet terhadap kesehatan manusia. Dilansir dari Healthline, berikut kami sampaikan beberapa khasiat sarang burung walet yang dianggap baik bagi kesehatan tubuh.

Obat Tradisional

Khasiat sarang burung walet yang pertama yaitu sebagai obat tradisional. Pengobatan tradisional Tiongkok mengklaim bahwa sarang burung walet yang dapat dimakan berfungsi sebagai obat untuk penyakit seperti TBC, asma, dan masalah perut.

Dikatakan juga bahwa sarang burung walet yang dapat dimakan dapat meningkatkan libido, memperkuat fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan energi dan metabolisme, dan merangsang sirkulasi. Sifat-sifat ini bahkan telah diteliti dalam penelitian tabung reaksi. Meskipun demikian, temuan ini perlu dikonfirmasi dengan bukti tambahan.

Dapat Melawan Penyakit

Khasiat sarang burung walet yang kedua yakni untuk melawan penyakit. Beberapa senyawa bioaktif yang ditemukan dalam sarang burung walet dinilai memiliki potensi untuk menghambat virus flu.

Selain itu, tiga penelitian laboratorium awal menunjukkan bahwa komponen sarang burung walet yang dapat dimakan dapat menghancurkan sel kanker yang tumbuh dengan cepat. Namun, komponen apa tepatnya yang menunjukkan sifat anti-kanker ini masih tidak diketahui saat ini.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung temuan ini.

Kesehatan Tulang

Khasiat sarang burung walet yang ketiga adalah untuk kesehatan tulang. Potensi sarang burung walet yang dapat dimakan juga dinilai dapat digunakan sebagai suplemen terapi untuk osteoartritis dan kesehatan tulang. Meskipun datanya masih jarang, penelitian pada hewan telah mengamati peningkatan kekuatan tulang setelah mengonsumsi ekstrak sarang burung walet setiap hari.

Kesehatan Otak

Khasiat sarang burung walet yang keempat yaitu untuk kesehatan otak. Menurut penelitian pada hewan, sarang burung walet yang dapat dimakan mungkin memiliki sifat pelindung otak.

Penyakit Alzheimer, Parkinson, cedera otak, dan stroke semuanya terkait dengan gangguan kognitif, disebabkan karena peradangan di otak. Satu tinjauan sistematis pada hewan menunjukkan bahwa sarang burung walet yang dapat dimakan meningkatkan kinerja kognitif dengan menurunkan peradangan dan stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah ketika radikal bebas merusak sel-sel tubuh Anda dengan mengubah struktur kimianya. Ini dapat menyebabkan kaskade efek kesehatan yang merugikan. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan sebelum sarang burung walet dapat dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak.

Mendukung Mengelola Diabetes

Khasiat sarang burung walet yang kelima yakni untuk mengelola diabetes. Kadar gula darah tinggi dapat meningkatkan stres oksidatif dan merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung pada orang yang menderita diabetes dan tidak dikelola.

Yang menjanjikan, penelitian tikus dan tabung percobaan telah menunjukkan bahwa sarang burung walet dapat melindungi pembuluh darah penderita diabetes dari stres oksidatif. Namun tetap, penelitian lebih lanjut diperlukan tentang topik ini, terutama pada manusia.

Kesehatan Kulit

Khasiat sarang burung walet yang terakhir yaitu untuk kesehatan kulit. Sarang burung walet yang dapat dimakan telah lama diperkenalkan sebagai bahan dari perawatan kecantikan, dengan klaim bahwa sarang burung walet akan melembapkan, memutihkan, dan melindungi kulit dari oksidasi.

Faktanya, protein yang ditemukan dalam sarang burung walet yang dapat dimakan telah terbukti melindungi penghalang kulit dan memberikan sifat anti-penuaan.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sarang yang dapat dimakan juga memperbaiki tekstur permukaan kulit. Lebih lanjut, beberapa orang percaya bahwa sarang ini, yang memiliki tekstur dan struktur seperti kolagen, dapat memperkuat kolagen wajah dan memperbaiki kulit yang kendur.

Namun, masih belum pasti apakah sarang burung walet memiliki efek pada produksi kolagen dan kesehatan kulit.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *