Ketika Nabi Ibrahim AS Bertemu Sang Ayah di Hari Kiamat

Nabi Ibrahim AS Bertemu Sang Ayah
Nabi Ibrahim AS Bertemu Sang Ayah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Ustadz Muhammad Hidayatulloh, Pengasuh Kajian Tafsir al-Quran Yayasan Ma’had Islami (Yamais), Masjid al-Huda Berbek, Waru, Sidoarjo

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: يَلْقَى إِبْرَاهِيمُ أَبَاهُ آزَرَ يَوْمَ القِيَامَةِ، وَعَلَى وَجْهِ آزَرَ قَتَرَةٌ وَغَبَرَةٌ، فَيَقُولُ لَهُ إِبْرَاهِيمُ: أَلَمْ أَقُلْ لَكَ لاَ تَعْصِنِي؟ فَيَقُولُ أَبُوهُ: فَاليَوْمَ لاَ أَعْصِيكَ، فَيَقُولُ إِبْرَاهِيمُ: يَا رَبِّ إِنَّكَ وَعَدْتَنِي أَنْ لاَ تُخْزِيَنِي يَوْمَ يُبْعَثُونَ، فَأَيُّ خِزْيٍ أَخْزَى مِنْ أَبِي الأَبْعَدِ؟ فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: إِنِّي حَرَّمْتُ الجَنَّةَ عَلَى الكَافِرِينَ، ثُمَّ يُقَالُ: يَا إِبْرَاهِيمُ، مَا تَحْتَ رِجْلَيْكَ؟ فَيَنْظُرُ، فَإِذَا هُوَ بِذِيخٍ مُلْتَطِخٍ، فَيُؤْخَذُ بِقَوَائِمِهِ فَيُلْقَى فِي النَّارِ. رواه البخاري

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – “Dari Abu Hurairah Raḍiyallāhu ‘anhu, dari Nabi Sallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, Ibrahim alaihissalam bertemu dengan ayahnya, Azar, di hari kiamat.

Di wajah Azar terdapat noda-noda hitam dan debu-debu. Ibrahim berkata kepada ayahnya: ‘Bukanlah telah aku katakan untuk tidak mengingkari aku (ajarank tauhid)?’ Lalu ayahnya mengatakan: ‘Hari ini aku tidak akan mengingkarimu’.

Lalu Ibrahim berdoa kepada Allah: ‘Wahai Rabb-Ku, bukankah Engkau telah menjanjikan bahwasanya Engkau tidak akan menghinakan aku di hari kebangkitan? Maka kehinaan mana yang paling berat dibandingkan aku dijauhkan dengan ayahku?’

Allah Ta’ala berfirman: ‘Aku telah mengharamkan surga bagi orang-orang kafir’. Lalu dikatakan kepada Ibrahim: ‘Wahai Ibrahim, perhatikanlah apa yang ada di dekat kakimu!’ Lalu Ibrahim melihat di dekat kakinya ada seekor babi hutan yang kotor, babi tersebut lalu diseret dengan ikatannya pada kakinya, lalu dilemparkan ke neraka.” (HR Bukhari)

Neraka bagi Orang Kafir

Allah mengharamkan surga bagi orang-orang kafir, dan barang siapa yang mati dalam keadaan kafir kepada Allah maka ia akan kekal di dalam neraka, demikianlah ketetapan Allah. Sehingga tidak bermanfaat syafaat dan juga garis keturunan bagi mereka yang kafir dalam kehidupannya di dunia.

Baca Juga:  Percaya Peramal, Ini Bahayanya

فَمَا لَنَا مِن شَٰفِعِينَ وَلَا صَدِيقٍ حَمِيمٖ فَلَوۡ أَنَّ لَنَا كَرَّةٗ فَنَكُونَ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ

Maka kami tidak mempunyai pemberi syafa’at seorangpun, dan tidak pula mempunyai teman yang akrab, maka sekiranya kita dapat kembali sekali lagi (ke dunia) niscaya kami menjadi orang-orang yang beriman.” (asy-Syu’ara’: 100 – 102)

وَأَنذِرۡهُمۡ يَوۡمَ ٱلۡأٓزِفَةِ إِذِ ٱلۡقُلُوبُ لَدَى ٱلۡحَنَاجِرِ كَٰظِمِينَۚ مَا لِلظَّٰلِمِينَ مِنۡ حَمِيمٖ وَلَا شَفِيعٖ يُطَاعُ

Berilah mereka peringatan dengan hari yang dekat (hari kiamat yaitu) ketika hati (menyesak) sampai di kerongkongan dengan menahan kesedihan. Orang-orang yang zalim tidak mempunyai teman setia seorangpun dan tidak (pula) mempunyai seorang pemberi syafa’at yang diterima syafa’atnya. (Ghaffir: 18)

Baca Juga:  Baul: Kencing Penyebab Siksa Kubur

Hadits di atas menjadi dalil bahwa seorang anak tidak akan bermanfaat bagi orangtuanya jika tidak dalam keadaan Muslim pada Hari Kiamat. Demikian pula sebaliknya, orangtua juga tidak bermanfaat bagi anak-anaknya jika tidak dalam keadaan Muslim.

Oleh karena itu, kita wajib selalu bersyukur atas nikmat iman dan Islam, yaitu dengan selalu menjaga dan memeliharanya, sehingga membuahkan nilai ketaqwaan dengan seluruh dimensi yang melingkupinya dalam kehidupan ini.

Lebih khusus menjelang bulan suci Ramadhan 1443 H ini, kita siapkan diri kita untuk selalu memperbaiki diri dengan sebaik-baiknya yakni dengan menyambut bulan suci ini dengan penuh kegembiraan dan bersiap mengarunginya dengan perencanaan ibadah kepada Allah yang lebih intens di dalamnya.

Baca sambungan di halaman 2: Hubungan Nabi Ibrahim dan Ayahnya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *