5 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Cara Mengatasi Bau Mulut
Cara Mengatasi Bau Mulut
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebagian besar dari kita selalu merasa tidak nyaman, khawatir dan malu ketika menghadapi situasi bau mulut. Banyak yang panik sebenarnya terutama bagi mereka yang harus berurusan dengan orang setiap hari.

Namun, dalam situasi saat ini, untungnya masker wajah yang sudah usang setidaknya bisa menghilangkan masalah tersebut. Satu hal yang perlu kita waspadai, bau mulut bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang perlu kita ketahui, salah satu penyebab bau mulut saat puasa adalah mulut kering akibat tidak makan atau minum dalam jangka waktu yang lama. Namun Anda tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya inilah tips cara menghilangkan bau mulut dan agar mulut Anda tidak bau saat puasa.

Pertama, bau akibat mulut kotor setelah sahur dan berbuka puasa
Yang terpenting, pastikan Anda menjaga kebersihan mulut dan jangan lupa menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa.

Lebih baik untuk menggunakan pasta gigi berfluoride. Menyikat gigi akan membersihkan sekitar 60 persen dari mulut Anda dan oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan di celah-celah gigi Anda juga.

Sisa makanan di sela sela gigi bisa menjadi penyebab bau mulut dan pastikan Anda membersihkan lidah saat menyikat gigi.

Dua, pantau makanan, minuman yang diminum
Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan risiko bau mulut, termasuk produk susu. Hindari minuman susu saat sahur karena mengandung protein tertentu yang jika dipecah dapat menyebabkan bau mulut.

Selain itu, jangan merokok, makan makanan yang sehat dan seimbang serta hindari makanan pedas. Hindari juga minuman berkafein seperti kopi, teh, coklat dan soda terutama saat sahur.

Tiga, gunakan obat kumur/cairan pencuci mulut

Penggunaan obat kumur atau cairan pencuci mulut juga penting untuk mencegah mulut Anda berbau. Disarankan untuk Anda gunakan setelah sahur dan berbuka agar kesegarannya tahan lama.

Pada siang hari saat berpuasa, kurangi penggunaannya karena sering berkumur adalah makruh.

Empat, rekomendasi untuk pemakai gigi palsu
Bagi Anda yang memakai gigi palsu, sangat disarankan untuk membersihkan gigi palsu menggunakan larutan antiseptik sebelum tidur. Usaha kecil itu justru bisa mencegah mulut Anda dari bau apalagi saat mulai berpuasa keesokan harinya.

Lima, banyak minum air putih setelah berbuka puasa dapat menghilangkan bau mulut
Masih bau mulut meskipun sudah rutin gosok gigi? Apa penyebab bau mulut padahal sudah gosok gigi?

Bisa jadi itu karena kita mengalami mulut kering. Tanpa kita sadari, keringnya mulut kita atau jumlah air liur yang sedikit dapat menyebabkan bau mulut. Air liur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mulut, gigi dan nafas kita.

Ketika berpuasa, kita semua perlu memastikan asupan air yang cukup karena tubuh membutuhkan setidaknya dua liter air sehari. Air putih adalah pilihan terbaik saat puasa dan balok untuk hidrasi, Anda juga bisa mengurangi asupan minuman manis untuk kesehatan.

Saat berpuasa, amalkan dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas setelah Maghrib hingga waktu lebih. Kemudian, amalkan dua gelas saat sahur. Selain itu, perbanyak makan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Sebenarnya bau mulut memang terjadi pada orang yang berpuasa, namun tantangannya kecil dibandingkan dengan pahala, berkah dan rahmat di bulan Ramadhan.*

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *