Hikmah Malam : Tidur Tenang Dijaga Malaikat dengan Lakukan Amalan-Amalan Ini

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Menikmati tidur tenang selama beberapa jam, hingga saat pagi tiba, membuat tubuh dan pikiran yang lebih segar untuk kembali beraktivitas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ini karena setelah seharian beraktivitas, tubuh kita tentunya membutuhkan istirahat. Malam hari inilah waktu yang tepat bagi kita untuk beristirahat dan mendapatkan tidur yang tenang.

Bahkan di dalam Islam sendiri telah diatur kapan sebaiknya kita tidur malam. Sebagaimana hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Barzah ra:

“Bahwasanya Rasulullah Saw tidak menyukai tidur sebelum isya dan berbincang-bincang setelahnya.”

Dilansir hidayatuna inilah ajaran yang diberikan oleh Nabi Saw tentang kapan waktu terbaik untuk tidur malam. Rasulullah mengajarkan agar tidak tidur sebelum isya. Hal ini agar kita tidak melewatkan salat isya, baru kemudian bisa istirahat dengan tenang.

Ada sebagian orang yang tidak bisa memaksimalkan istirahatnya saat malam hari. Misalnya saja karena disibukkan oleh berbagai pekerjaan yang belum selesai, memiliki gangguan insomnia, hingga hadirnya mimpi-mimpi buruk yang membuat tidur kita tidak tenang.

Istirahat kita pun jadi tidak sempurna, bahkan di pagi hari bisa saja kita merasakan pusing dan kurang bersemangat. Oleh karena itu, agar kita bisa tidur di malam hari dengan nyenyak dan selalu dijaga oleh para malaikat, maka ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan.

Berwudu Sebelum Tidur
Wudu bertujuan untuk menyucikan diri. Bahkan kita dianjurkan untuk sering-sering berwudu karena tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga bisa menghapus dosa-dosa kita. Selama ini kebanyakan orang mengetahui bahwa wudu hanya dilakukan saat hendak menunaikan ibadah salat saja.

Tetapi sebelum tidur pun kita juga disarankan berwudu terlebih dahulu karena malaikat sangat senang bersama orang-orang yang terhindar dari berbagai najis. Hal ini berdasar pada hadis Rasulullah saw:

“Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun, kecuali malaikat akan berdoa untuknya. ‘Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci’.”

Bahkan Rasulullah Saw juga pernah menggambarkan bahwa orang yang sedang tidur mempunyai belenggu. Tetapi jika kita bangun dan mengambil air wudu, maka belenggu dalam diri kita pun bisa terlepas.

Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur
Selain berwudu, amalan lainnya yang bisa dilakukan agar tidur kita dijaga oleh malaikat adalah membaca ayat kursi. Hal ini sebagaimana penjelasan yang ada dalam hadis riwayat Bukhari:

“Abu Hurairah menjawab, ‘Ia mengatakan padaku. Jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.”

Berdoalah Sebelum Tidur
Saat masih kecil, kita biasanya akan diajak oleh orangtua untuk berdoa bersama sebelum tidur. Bahkan di sekolah pun, bapak dan ibu guru juga mengajarinya berikut dengan arti dari doa tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa doa sangatlah penting.

Terutama untuk menjaga tidur kita di malam hari agar dijaga oleh malaikat, dilindungi oleh Allah SWT. dan pastinya bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan. Oleh karena itu, sebelum memejamkan mata sempatkanlah diri beberapa menit untuk berdoa dan memohon lindungan-Nya selama kita beristirahat.

Itulah ketiga amalan yang bisa dijalankan agar tidur kita selalu dijaga oleh para malaikat. Sehingga, kita pun bisa tidur dengan tenang dan bangun dengan kondisi tubuh yang segar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *