4 Obat Penurun Kolesterol yang Paling Sering Digunakan, Efeknya Jangan Diabaikan!

Obat Penurun Kolesterol
Obat Penurun Kolesterol
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ini dia 4 obat kolesterol yang paling sering digunakan.

4 obat kolesterol ini bisa menurunkan kolesterol dengan ampuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun 4 obat kolesterol ini ada efek samping yang tidak bisa diabaikan.

Kolesterol secara umum bukan merupakan hal yang berbahaya, karena merupakan zat alami di tubuh yang diproduksi oleh hati.

Adanya kolesterol, membantu seseorang tetap sehat, karena setiap sel-sel yang ada dalam tubuh menggunakannya.

Namun, kolesterol yang terlalu banyak dalam darah, dapat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah.

Melansir British Hearth Foundation, kadar kolesterol yang tinggi bisa terjadi akibat kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, malas bergerak, dan terlalu banyak lemak tubuh, terutama di pinggang.

Merokok juga bisa membuat kadar kolesterol naik, karena penumpukan tar membuat kolesterol mudah menpel di dinding arteri.

Agar terhindar dari penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke, kadar kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Namun, pastikan untuk melakukan konsulatsi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat kolesterol berikut ini.

1. Statin

Dilansir dari Mayo Clinic, ini merupakan obat kolesterol yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta sedikit meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Efek samping dari penggunaan obat ini yakni nyeri otot, kadar gula darah naik, sembelit, mual, diare, sakit perut, kram, dan peningkatan enzim hati.

2. Resin asam empedu

Jenis obat yang bekerja di dalam usus, dengan menempelkan dirinya di empedu. Empedu merupakan cairan yang terbentuk oleh kolesterol yang telah diproduksi oleh hati.

Penggunaan obat kolesterol ini, dapat menurunkan kadar LDL dan memengaruhi sedikit kenaikan HDL.

Tapi penting untuk mengetahui efek samping yang mungkin terjadi, seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sembelit atau diare, berat badan turun, kembung, dan mual hingga muntah.

3. Nocotinic acid

Disebut juga niasin, ini sebenarnya merupakan vitamin B kompleks. Obat kolesterol ini bisa dibeli secara bebas di apotek, tapi sebagian lainnya hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Niasin dapat menurunkan kadr kolesterol jahat dan trigliserida, sambil meningkatkan kolesterol baik. Orang yang menderita asam urat atau penyakit hati lainnya, tidak boleh minum obat ini.

Efek samping yang bisa timbul jika dikonsumsi sembarangan yakni masalah pada kulit (gatal atau kesemutan), sakit kepala, sakit perut, gula darah meningkat, dan batuk.

4. Asam omega-3

Dilansir dari Cleveland Clinic, dikenal juga dengan nama lain minyak ikan, obat ini dapat menurunkan trigliserida.

Sebelum menjadikannya obat kolesterol, ketahui dulu bahwa minyak ikan bisa menganggu pengobatan lain yang sedang dijalankan dan beberapa orang alergi terhadap ikan atau kerang.

Kenali juga efek samping dari produk omega-3, yakni membuat bersendawa, terjadi masalah kulit seperti ruam atau gatal, produksi gas berlebih, bau amis, dan peningkatan waktu pendarahan.

Keempat obat kolesterol di atas memang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tetapi, penggunaan obat-obat itu juga harus didukung oleh kebiasaan makan sehat dan rutin berolahraga.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *