Hikmah Siang : 3 Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Ayat Kursi, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id– Ayat Kursi yang berada di Surat Albaqarah ayat 255 merupakan salah satu ayat yang istimewa. Oleh sebab itu dianjurkan untuk membaca Ayat Kursi setelah salat fardu atau salat wajib. Ini akan memberikan setidaknya tidak keutamaan. Salah satunya adalah membuka pintu rezeki.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut bacaan Ayat Kursi dengan latin beserta terjemahnya.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin:

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).

3 Keutamaan atau manfaat Membaca Ayat Kursi.

1. Perlindungan dari Allah SWT

Manfaat pertama apabila kita membaca Ayat Kursi sehabis sholat adalah kita akan dijaga Allah SWT dari berbagai godaan setan, kejahatan manusia, binatang buas yang bersifat negatif bagi diri kita (membahayakan), perlindungan untuk keluarga dan harta benda.

Ayat kursi seringkali dijadikan doa untuk memohon perlindungan Allah karena Allah merupakan pemilik dari segala sesuatu yang ada di alam semesta dan sudah sepatutnya seorang hamba berserah diri memohon pertolongan dariNya.

Mengamalkan ayat kursi untuk memohon perlindungan Allah merupakan ibadah sunnah, sebab Rasulullah juga seringkali mengerjakan hal yang demikian.

Rasulullah menganjurkan umatnya agar senantiasa membaca dan mengamalkan ayat kursi menjelang tidur di malam hari agar kita bisa mendapat perlindungan Allah dan para malaikat sepanjang malam.

Keutamaan ayat kursi sebelum tidur ini tertuang dalam sabda Rasulullah SAW yakni, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur di malam hari. Bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Al-Bukhari).

Kemudian, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan umatnya untuk membaca doa ayat kursi ini setiap kali usai melaksanakan salat, hal tersebut agar terjaga dan terhindari dari sesuatu hal yang buruk sepanjang hari.

2. Pembuka Pintu Rezeki dan Hikmah

Dalam kitab “Asraaul Mufidah”, barang siapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali setiap harinya, maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikkan derajatnya oleh Allah di akhirat dan di dunia.

Dan orang yang membacanya sebanyak 18 kali juga akan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya dan dirinya juga akan dijaga dengan izin Allah dari segala bencana yang akan menimpanya hari itu.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang pulang ke rumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan kefakiran di depan matanya”.

Dikutip dari buku “Keistimewaan ayat kursi, 1000 Berkat- 43 Mukjizat- 33 Khasiat” karya Al Ustad H.Saifuddin Aman.

Ayat kursi disebut juga dengan ayat Qadha’Al-Haajah.

Qadha’Al- Hajah artinya memenuhi keperluan hidup. bisa juga berarti ketetapan untuk mendapatkan yang diperlukanm atau yang dengan menciptakannya sendiri, atau melalui tangan orang lain.

Ayat kursi disebut ayat memenuhi kebutuhan, karena memang Allah akan memberikan kebutuhan hidup bagi orang yang membacanya sungguh-sungguh.

Banyak orang yang merasa susah dalam memenuhi hajat hidupnya, baik hajat berupa materi maupun hajat berupa kedamaian ruhani.

Bermacam-macam persoalan dihadapi manusia di abad sekarang ini. Banyak problem yang sulit ditemukan jalan keluarnya di era sekarang ini, walaupun teknologi sudah cukup modern.

Ayat kursi, bagi orang yang beriman sesungguhnnya bisa menjadi senjata yang ampuh, bisa menjadi wasilah untuk memenuhi hajat dan keperluan hidupnya, bisa menjadi perantara kepada Allah untuk membuka jalan terang ayas masalah yang dihadapi.

Rasulullah SAW pernah berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib:

“Rasulullah SAW bersabda: Jika kamu menghendaki sebuah keperluan, maka bacalah ayat kursi, kemudian mulailah melangkah dengan kaki kananmu”.

Ayat kursi juga disebut ayat As-Sa’aadah yang artinya “Ayat Kesejahteraan” atau “Ayat Kebahagiaan”, karena orang yang membaca ayat kursi akan mendapatkan kesejahteraan hidupnya, dan terutama adalah kesejahteraan di hari akhir nanti.

Orang yang membaca ayat kursi hatinya akan bahagia.

Maka barangsipa yang ingin hidup sejahtera dan bahagia, hendaklah dia membaca ayat kursi.

Ketahuilah, hanya orang-orang yang benar-benar yakun da percaya sepenuh hati yang akan memperoleh manfaat dari ayat kursi.

Sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah, tidaklah ada yang mau melanggengkan membaca ayat kursi kecuali para Nabi, Shiddiqin, Syuhada’ dan Shalihin.

Orang-orang munafik dan fasik, adalah mereka yang enggan dan malas membaca ayat kursi.

Mereka yang membaca ayat kursi akan mendapat cahaya terang dan keberkahan dalam usahanya.

Ayat kursi bagi mereka ibarat lampu penyelamat dalam segala situasi.

Luar biasa! Betapa besarnya “pahala” yang diberikan Allah kepada orang yang membaca ayat kursi.

3. Mendapatkan Pemahaman Akan ilmu

Syeikh abu Abbas menerangkan bahwa bagi orang yang membaca Ayat Kursi sebanyak 50 kali dan meniupkannya ke air hujan lalu meminumnya, maka Allah akan memudahkan akal fikiran dan ilmu pengetahuannya.

Dikutip dari buku “Keistimewaan ayat kursi, 1000 Berkat- 43 Mukjizat- 33 Khasiat” karya Al Ustadx H.Saifuddin Aman, ayat kursi disebut juga ayat Mafhuumah.

Ayat Mafhuumah artinya Yang Mudah Dipahami.

Abu Dzar duduk dalam sebuah majlis bersama Rasulullah SAW, dan bertanya.

“Wahai Rasulullah, ayat mana yang diturunkan kepada engkau yang paling mudah dipahami? Rasulullah SAW menjawab: Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum… (ayat kursi).

Ayat kursi sangat mudah dipahami. Secara keseluruhan ayat kursi menjelaskan ketauhidan Allah, kebesaran Allah, keluasan ilmu Allah, kekuatan, dan kekuasaan Allah dalam mengatur alam ciptaan-Nya.

Terdapat nama-nama Allah yang sangat hebat. “Alhayyu Al-Qayyum” adalah nama Allah yang jika dipergunakanuntuk berdoa akan dikabulkan, digunakan untuk menghadapi musuh menjadi kekuatan, digunakan untuk menghadapi masalah akan memberikan kemudahan, digunakan untuk mewujudkan cita-cita dan harapan akan menjadi keajaiban.

Tidak ada yang diragukan dan tidak ada yang sulit diterima oleh akal yang sehat apa yang terkandung dalam ayat kursi.

Semuanya jelas dan mudah dipahami. Begitulah kehendak Allah, ayat kursi bisa dijadikan pegangan dan dasar untuk mengenal atau ma’rifat kepada Allah.

Allah tidak akan menyulitkan. Maka dengan banyak membaca ayat kursi , kita akan mampu memahami semua kejadian yang mungkin tidak bisa dilogika oleh orang-orang yang hanya mengandalkan otaknya.

Kita akan mampu menangjap isyarat, apa yang dikehendaki oleh Allah SWT. Dengan demikian, kita akan menjadi orang yang cerdas dan berjiwa besar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *