Indra Keberagamaan (16)

transaksi digital
transaksi digital
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Hamdan Juhannis

Hajinews.id – “Makin maju sebuah peradaban, makin imajinatif uang mereka.” Demikian respon Prof. Ardy Arsyad, teman dari Unhas.  Teman lain menyebut adanya revolusi masyarakat yang disebut: “cashless society“, masyarakat tanpa uang cash. “Anak-anak sekarang tidak lagi meminta uang jajan, tapi: gopay, OVO, dana, dll.” Demikian seloroh teman lainnya. Jadi, uang tidak lagi selalu berbentuk kertas. Maaf, saya tidak berbicara tentang mata uang kripto. Belum paham saya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahkan seorang dosen senior, Hadi Daeng Mappunna, menunjuk bahwa istilah orang berduit dengan analogi “dompet tebal” tidak lagi relevan, karena makin kaya seseorang itu makin tipis dompetnya, hanya diisi oleh kartu-kartu dan transaksinya semua dari Hp.

Menurut Pak Hadi, transaksi keuangan dan sosial lainnya semua sudah bisa selesai di ujung jari. Bahkan sumbangan apapun sudah bisa dilakukan dengan moda digital, termasuk pembayaran zakat. Pak Hadi bahkan melihat bahwa tidak ada pilihan lain kecuali belajar untuk masuk dalam arus transaksi digital kalau tidak ingin kesulitan. Katanya, jangan sampai suatu saat nanti pergi ke toko sebelah untuk memberi barang kecil seperti sabun dan indomie tapi tertolak karena penjualnya tidak lagi menerima uang cash.

Tapi ada hal yang mempesona, yang menurutku menjadi poin diskusi orang terdidik ini yang sering mendebat persoalan mereka sendiri. Konon kata teman-teman terdidik ini, homo sapiens  adalah manusia purba yang berjuang berdiri tegak karena urat saraf tangannya terlalu sensitif untuk menopang tubuh mereka akibat terlalu sering dipakai membuat perkakas. Jadi ketika mereka memaksa berdiri tegak adalah evolusi hebat karena begitu berat dan besarnya otak kepala mereka yang harus ditopang.

Saya-pun mencoba menerka arah diskusi teman-teman ini yang menurutku layak disebut sebagai kontradiksi. Ada kekhawatiran mereka bahwa manusia sekarang akan mengalami evolusi balik untuk kembali membungkuk dan tidak lagi tegak karena generasi sekarang menghabiskan hampir semua waktunya untuk menunduk pada layar gadget mereka termasuk ketika mereka bertransaksi. Saya tidak tahu, terlalu berat bagi saya untuk saya tanggapi masalah homo sapiens ini, takutnya kembali lagi  ke pelajaran SD tentang Pithecantropus Erectus yang bukan hanya sudah lupa tapi terlalu jauh mundur dari tema sentral celoteh saya.

Saya sendiri belum berfikir jauh bahwa gadget bisa membawa evolusi baru manusia sekarang, yang saya pikir justeru akan lahirnya “cross-eyed society” (masyarakat mata juling). Sedikit-sedikit pasti melirik hp, biar sementara bicara dengan orang lain.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *