dr Zaidul Akbar: Ini Menu Sehat Rasulullah SAW Saat Sahur, Khasiatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan

Menu Sehat Rasulullah SAW Saat Sahur
Menu Sehat Rasulullah SAW Saat Sahur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Inilah menu sehat sahur Rasulullah SAW menurut penjelasan dr Zaidul Akbar.

Umat Islam dianjurkan makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebab saat puasa Ramadan, seseorang tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

Menurut dr Zaidul Akbar, menu sahur perlu diperhatikan agar dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar serta membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official yang diunggah pada 15 April 2020 lalu, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengonsumsi kurma dan air putih saat sahur.

Berikut uraiannya:

1. Kurma

Kurma mengandung asam amino yang sangat baik bagi tubuh, dan sangat dianjurkan dikonsumsi saat bulan Ramadan.

Manfaat kurma bagi tubuh apabila dikonsumsi waktu sahur, dapat memberikan energi cadangan saat berpuasa.

Sedangkan apabila dikonsumsi saat berbuka, dapat memberikan nutrisi serat alami yang mudah dicerna dalam sistem pencernaan tubuh.

2. Air Putih

“Ketika Nabi SAW sedang tidak memiliki kurma, Nabi menyuruh kita untuk minum air,” kata dr Zaidul Akbar.

Banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh manusia, yaitu mencegah dehidrasi, membantu menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme dan masih banyak lagi.

“Tadi saya sempat melihat video dari seorang Syekh yang merupakan seorang dokter di Mesir, beliau menjelaskan dalam khutbahnya bahwa pada masa pandemi seperti saat ini, perbanyak minum air, basahi tenggorokan Anda, karena virus itu tidak akan bisa hidup pada lingkungan yang basah,” tutur dr Zaidul Akbar.

Dengan manfaat yang berlimpah tersebut, tak hanya di bulan Ramadan, setiap hari pun kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Jadi ada kurma dan air, tidak ada gorengan saat buka puasa,” ujar dr Zaidul Akbar di akhir videonya.

Manfaat konsumsi kurma selama Bulan Ramadan

Berikut beberapa alasan kurma menjadi buah yang tepat dinikmati selama Ramadan, sebagaimana dikutip Daily Sabah, via Kompas.com.

Sarapan kurma sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW.

1. Sumber energi

Kurma merupakan sumber energi, serat dan gula yang sehat bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Buah yang berwarna coklat kehitaman ini mengandung vitamin A, B, dan C, potasium, serat, magnesium, seng dan selenium.

Nutrisi tersebut dapat membantu tubuh mempertahankan energi lebih lama setelah berpuasa.

2. Membuat perut kenyang lebih lama

Kurma adalah buah yang kaya serat dan termasuk sebagai serat larut makanan. Serat ini mampu menarik air, meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperpanjang waktu dalam diproses tubuh sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Jika dikonsumsi saat sahur, manfaat mengonsumsi kurma dapat mencegah tubuh lemas ketika seharian berpuasa. B

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Studi menunjukkan bahwa kurma dapat memiliki efek merangsang sistem kekebalan tubuh.

Efek kurma ini dapat dikaitkan dengan kandungan beta-glukan, yang termasuk polisakarida, sejenis karbohidrat yang kompleks. Selain itu, kurma mengandung senyawa fenolik dan karotenoid dalam jumlah yang tinggi dan sifatnya melawan kanker.

Buah ini juga mampu mendukung kekebalan tubuh berkat sifatnya yang berupa antioksidan dan antimikroba. Baca juga: Kombinasi Susu dan Kurma untuk Sumber Gizi Saat Berpuasa

4. Menstabilkan gula darah

Setelah berpuasa seharian, konsumsi kurma merupakan cara tepat untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal dengan cara sehat. Namun, para ahli gizi memperingatkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kurma, 1-3 butir saja cukup.

5. Memperlancar pencernaan

Selama Ramadan, kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya serat untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kurma juga termasuk buah yang tinggi serat, dan penting menjadi bagian dalam diet sehat. Bila rutin dikonsumsi, kurma dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan yang muncul akibat kekurangan serat.

6. Sehat untuk jantung

Kurma dikenal sebagai sumber potasium yang baik, mengandung mineral penting yang dapat menjaga keseimbangan cairan hingga elektrolit dalam tubuh. Kandungan tersebut terlibat dalam memengaruhi kesehatan saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah.

Sebuah riset menunjukkan bahwa diet kaya potasium dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *