Berbahaya! Tingginya Lonjakan Kasus Hepatitis Menyerang Anak-anak di Inggris

Hepatitis Menyerang Anak-anak di Inggris
Hepatitis Menyerang Anak-anak di Inggris
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Para orang tua di Inggris didesak untuk lebih waspada dengan gejala sakit perut yang dialami anak-anak mereka. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, karena baru-baru ini para ahli telah menyelidiki sebagian besar anak-anak di inggris mengalami diare dan mual yang mengindikasikan pada penyakit Hepatitis. Gejala tersebut juga diikut dengan menguningnya kulit, dengan 114 kasus telah dikonfirmasi di seluruh Inggris.

Petugas medis di Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan gejala tersebut menunjukkan adanya peningkatan karena infeksi adenovirus. Virus itu menyerang pada 75 persen anak-anak yang dites hepatitis pada awal tahun ini. Data laboratorium menunjukkan kasus wabah tersebut paling banyak menyerang pada anak-anak berusia 1-5 tahun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dr Meera Chand, Direktur Infeksi Klinis dan Emerging di UKHSA mengatakan Orang tua dan wali harus waspada terhadap tanda-tanda hepatitis (termasuk penyakit kuning) dan segera menghubungi dokter jika mengkhawatirkan.

“Anak-anak yang mengalami gejala infeksi gastrointestinal termasuk muntah dan diare harus tinggal di rumah dan tidak kembali ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejalanya berhenti.” Ucap Dr Meera Chand seperti yang dikutip dari The Sun.

Puluhan anak berusia antara satu bulan dan 16 tahun telah terkena infeksi hati di 12 negara. Karena jumlahnya meningkat dalam beberapa minggu terakhir, total ada 17 anak yang mengidap radang hati kronis hingga membutuhkan transplantasi hati. Sejauh ini, di Inggris tercatat ada 111 kasus dari 169 di dunia.

Amerika Serikat, Spanyol, Israel, Denmark, Irlandia, Belanda, Italia, Norwegia, Prancis, Rumania, dan Belgia juga mengalami infeksi serupa.

Orang tua telah diimbau untuk membantu mengurangi dampak penyebaran virus dengan memantau anak-anak mereka saat mencuci tangan dan memastikan mereka melakukannya secara menyeluruh. Apabila dirasa memiliki gejala, anak-anak diharap untuk menahan bersin dengan siku atau tisu hal tersebut juga berlaku ketika batuk.

Hepatitis sendiri memiliki gejala yang patut diwaspadai yaitu:

  1. Urin berwarna gelap
  2. Feses berwana abu-abu
  3. Kulit yang gatal
  4. Menguningnya mata dan kulit
  5. Nyeri otot dan sendi
  6. Suhu tinggi
  7. Merasa sangat lelah sepanjang waktu
  8. Hilang selera makan
  9. Sakit perut

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *