Hikmah Malam : Nama Neraka dan Kriteria Calon Penghuninya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 

Hajinews.id – Islam merupakan agama yang mengajarkan kepada pengikutnya keyakinan akan adanya kehidupan akhirat, kehidupan setelah kematian. Ajaran ini merupakan salah satu pokok rukun Iman yang apabila diabaikan maka menyebabkan seseorang dianggap tidak beriman.

Dalam kehidupan akhirat nanti, umat Islam percaya akan adanya neraka dan surga. Di mana setiap orang memperoleh salah satu dari keduanya sesuai dengan amal perbuatan semasa hidup di dunia. Jika selama hidup lebih banyak berbuat kebaikan maka Allah menjanjikan surga, tetapi sebaliknya, jika banyak berbuat dosa maka Allah menjanjikan neraka.

Neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT bagi orang-orang kafir, yaitu orang-orang yang membangkang terhadap syari’at Allah SWT dan mengingkari rasul-Nya. Neraka merupakan wujud siksa. Allah SWT kepada musuh-musuh-Nya dan penjara bagi mereka yang berbuat dosa.

Tempat ini merupakan suatu wujud kehinaan dan kerugian tiada tara yang tiada lagi kehinaan dan kerugian lain setelah ini. Tentu saja, tak ada orang yang ingin masuk neraka, namun kenyataannya masih banyak orang berbuat hal-hal yang justru mengarahkannya menuju neraka.

Berikut nama neraka yang wajib diketahui, yang telah dirangkum hajinews melalui NU Online dan berbagai sumber lainnya pada Kamis, (21/014/2022).

Nar
Nama neraka yang wajib diketahui yang pertama adalah Nar. Kata Nar dalam Al-Qur’an mengandung pengertian api dan neraka. Hal ini sesuai dengan QS. Al Baqoroh ayat 81 yang memiliki arti sebagai beriktu:

“Barang siapa berbuat keburukan, dan dosanya telah menenggelamkan, maka mereka itu penghuni neraka, merek kekal didalamnya.” ( QS. Al-Baqoroh: 81)

Neraka Hawiyah

Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Hawiyah. Dalam Al-Qur’an, neraka hawiyah memiliki sebutan lain “nar hamiyah” yang berarti api panas dan berkobar. Selain itu, neraka Hawiyah juga dapat diartikan sebagai tempat yang sangat panas dengan dasar neraka yang dalam. Neraka hawiyah diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya.

Neraka Saqar

Yaitu tempat untuk orang-orang munafik yang mendustakan (tidak mentaati) perintah Allah dan Rasulullah SAW. Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka. Nama neraka ini tercantum dalam Surat Al Muddatsir ayat 26-27 yang memiliki arti sebagai berikut:

Artinya: “Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.”

Neraka Jahanam
Nama neraka yang wajib diketahui berikutnya adalah neraka Jahanam. Neraka ini tergolong sebagai neraka yang tingkatannya paling tinggi yang diisi oleh orang-orang yang sering melakukan dosa besar. Kata neraka jahannam berasal dari bahasa Arab dan memiliki banyak arti.

Neraka Jahanam secara harfiah diartikan memiliki penampilan jahat atau berwajah murung. Mengapa disebut sebagai neraka Jahannam? Karena neraka ini dalam keadaan gelap, hitam, dan memiliki dasar yang sangat dalam.

Neraka Hutama

Tak hanya neraka Jahanam, nama neraka selanjutnya adalah neraka Hutama yang tak kalah menakutkan. Neraka Hutama akan membuat penghuninya mengalami kehancuran dengan api yang memecah dan membakar dari kedua kaki, tulang-tulang, hingga hati, serta melontarkan bunga api sebesar istana. Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka mencela, mengumpat, enggan bersedekah, dan perhitungan terhadap sesama.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *