Hikmah Siang : 8 Kebiasaan yang Bisa Mengusir Rezeki

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Setiap orang telah diberikan takaran rezekinya masing-masing oleh Allah SWT.

Karenanya, mungkin anda familiar dengan istilah rezeki tidak akan kemana, karena memang Allah telah menentukan rezeki masing-masing mahluknya.

Namun ternyata, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia, tanpa disadari dapat mengusir rezeki yang sebetulnya dinanti-nanti.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut barangkali akan anda anggap sepele, namun ketika rezeki terus menerus menjauh tentu akan sangat merugikan.

Karenanya, segeralah koreksi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menjauhkan anda dari rezeki.

Lalu apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa menjauhkan kita dari rezeki, inilah 8 kebiasaan yang bisa mengusir rezeki, seperti dikutip dari Youtube NS Bor.

1. Kebanyakan Mengeluh

Jika anda memiliki kebiasaan mengeluh, maka segeralah merubah diri sebab kebiasaan itu dapat mengusir rezeki dari diri anda.

Kenapa demikian, itu karena mengeluh berarti tidak puas dengan apa yang didapat dan miliki, itu mengakibatkan anda akan jauh dari rasa syukur kepada Allah SWT.

Padahal bersyukur adalah jalan Allah memberikan rezeki lebih kepada kita, oleh sebab itu mulailah bersyukur.

2. Materialistis

Kebiasaan mengukur segala sesuatu dengan uang dan barang atau materialistis, ternyata menjadi satu sikap yang bisa menolak rezeki.

Orang yang memiliki sikap materialistis biasanya akan memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan seperti dirinya.

Hal ini bisa menjerumuskan anda pada sirik, sementara sirik adalah salah satu dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah.

3. Makan Makanan Haram

Makanan haram saat ini tidak hanya sebatas daging babi, bangkai, darah, dan binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah.

Namun makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal seperti korupsi, mencuri, nepotisme, dan lain sebagainya, juga haram.

Ternyata mengonsumsi makanan yang didapat dengan cara haram bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tampak disadari dapat menolak rezeki dari Allah SWT.

4. Berlebihan Dalam Mengejar Duniawi

Dunia memang senantiasa menawarkan kenikmatan bagi penghuninya, kenikmatan tersebut terkadang bisa membawa kita mudah terperdaya dan lupa bersyukur serta lupa beribadah kepada Allah SWT.

Apabila kita terlalu disibukkan dengan urusan dunia dan lupa menabung amal kebaikan untuk di akhirat kelak, maka Insya Allah rezeki yang datang kepada kita akan terasa sangat sulit.

Kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki.

5. Tidak Menjaga Badan

Kesehatan merupakan senjata utama untuk menjemput rezeki yang sudah Allah sediakan untuk kita.

Jika pemanfaatan badan dilakukan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat apalagi berhias dosa dan maksiat, maka insya Allah rezeki kita pun akan terasa sangat sulit untuk kita dapatkan.

Oleh karenanya jagalah karunia yang dititipkan Allah kepada kita dengan begitu maka insya Allah Allah pun akan menjaga kita atas karunia dan rezekinya kepada kita.

6. Kebanyakan Gosip

Bergosip atau ghibah sudah menjadi salah satu kebiasaan yang marak terjadi, tidak hanya di kalangan wanita namun pria pun juga gemar bergosip.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mengetahui tentang kehidupan orang lain.

Ketika kita bergosip itu artinya kita telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain, dan kebiasaan ini merupakan salah satu tanda bahwa Kita sendirilah yang menolak rezeki dari Allah SWT.

7. Penggerutu dan Suka Marah

Orang yang gemar menggerutu umumnya adalah orang yang merasa tidak puas dan sulit memaafkan kesalahan orang lain.

Orang yang suka marah dan menggerutu termasuk dalam orang yang kufur, orang yang tidak menerima takdir Allah yang telah terjadi kepadanya.

Kebiasaan kufur yang demikian ini bisa menjadi salah satu penghambat datangnya rezeki kepada anda, oleh sebab itu hilangkan secara perlahan sikap kufur yang masih melekat pada diri anda.

8. Senang Memamerkan Kekayaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta kekayaan dan amal kebaikan.

Orang-orang seperti ini menganggap bahwa harta yang didapatnya selama ini adalah hasil kerja kerasnya sendiri, hasil kepintarannya menjadi rezeki tanpa adanya campur tangan dari Allah.

Jika anda masih suka mengumbar ria atau pamer kekayaan, ketahuilah Allah sangat membenci hamba-hambanya yang suka pamer dengan kesombongan dan perendahan atas orang lain, sehingga rezeki akan sulit mendatangi anda.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *