Pengadilan Akhirat

Pengadilan Akhirat
Pengadilan Akhirat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.id – Rasulullah SAW menceritakan, tentang batu yang minta keadilan kepada Allah: “Batu mengajukan keberatan kepada Allah SWT dengan mengatakan, “Wahai Tuhanku, aku telah menyembah-Mu sebanyak sekian tahun lamanya, kemudian Engkau jadikan aku berada dalam tempat yang paling bawah?”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah menjawab, “Masih belum puaskah kamu sedangkan kamu telah Aku hindarkan dari majelis Qadha?” (HR. Ibnu Asakir melalui Sayyidina Abu Hurairah RA).

Majelis Qadha yang dimaksud adalah Pengadilan Akhirat. Seandainya batu itu berupa manusia yang mengadu kepada Allah SWT: “Wahai tuhanku, aku telah menyembah-Mu sejak Engkau menciptakan aku, tetapi mengapa Engkau jadikan aku sebagai makhluk tersembunyi?”

Allah SWT menjawabnya, “Mengapa engkau masih belum puas, padahal engkau sudah Aku jauhkan dari Peradilan Akhirat dengan ampunan-Ku ?”

Para Hakim di dunia itu, jika tidak dapat berbuat adil terhadap terdakwah, maka kelak mereka akan menghadapi Pengadilan Akhirat yang kondisinya sangat menakutkan dan ancaman siksa yang amat pedih.

Jangankan manusia, bahkan batu-batuan pun kelak akan ketakutan menghadapi Pengadilan Akhirat, yang mana sidangnya akan langsung dilaksanakan oleh Allah SWT sendiri.

Kelak, Allah akan menampakkan sekecil apapun niatan yang terbersit dalam benak para hakim pengadilan, saat memutuskan hukuman bagi terdakwah. Jika keputusannya adil, akan ditampakkan keadilannya. Namun jika tidak adil, mereka pun akan mendapat balasan yang setimpal dengan kecurangannya.

Arti QS. Al-Zalzalah, 7-8: “Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah (atom), niscaya ia akan melihatnya, dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah (atom) sekalipun, niscaya ia akan melihatnya pula.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *