Popularitas Gubernur Anies Baswedan Mendunia, 150 Negara Saksikan Formula E Jakarta

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bangga bisa mewujudkan mimpinya, menggelar ajang balap Formula E.

Dalam peninjauannya, orang nomor satu di Ibu Kota ini mengatakan akan menayangkan ajang internasional tersebut kepada 150 negara yang akan disiarkan secara langsung.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ini adalah event olahraga yang akan ditonton lebih dari 150 negara, dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi perubahan iklim, global warming dengan memulai transformasi menuju kendaraan ramah lingkungan,” ucap Anies, Sabtu (4/6/2022).

Sedangkan siaran untuk babak kualifikasi dan puncak balapan Formula E Jakarta di Indonesia akan ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional, seperti Inews, Metro TV, dan RCTI.

Sedangkan untuk sesi latihan dapat disaksikan melalui kanal Youtube, ABB Formula E.

Dengan hadirnya Formula E di Jakarta, pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini mengatakan Jakarta menetapkan target akan mengurangi efek rumah kaca sebanyak 30 persen di tahun 2030.

“Alhamdulilah sekarang, masih delapan tahun sampai 2030 kita sudah berhasil menurunkan sampai 26 persen,” tambah Anies.

Anies mengatakan bahwa ajang mobil balap ini bukan sekadar balap mobil biasa tetapi ajang mobil balap dengan semangat keberlanjutan lingkungan hidup.

“Karena itu efeknya bukan hanya ekonomis tapi juga ekologis. Ini yang kita ingin tampilkan sama-sama. Insha Allah ini akan terus bergaung pesan ini dengan kesadaran kita semua,” jelas Anies.

Sementara itu, pihak penyelenggara Formula E menyediakan sebanyak 60 ribu tiket dari berbagai kelas: VIP, Grandstand, Circuit Festival dan Ancol Festival.

Ketua Organizing Committee (OC) Formula E 2022, Ahmad Sahroni sebelumnya sempat mengatakan untuk seluruh tiket sudah sold out.

Sejak pagi ini, tepatnya pukul 07.00 WIB, para penonton sudah mulai berdatangan ke Jakarta International Circuit.

Mereka datang ada yang dari JIExpo dengan menumpang shuttle bus – disediakan oleh panitia dan ada pula yang penonton yang dari sekitaran Ancol, dengan menggunakan shuttle bus wara-wiri dari area Taman Lumba-Lumba Ancol.

Seperti diketahui, pihak penyelenggara memang sengaja tidak menyediakan kantong parkir untuk para penonton Formula E.

Mereka pun harus parkir kendaraannya di JIExpo.

Bus wara-wiri atau shuttle bus khusus area Ancol hanya mengantarkan sampai gerbang biru bertuliskan 2022 Jakarta E-Prix, setelah itu mereka turun dan berjalan sekitar 200 meter hingga gerbang pengecekan tiket dan X-ray di E1.

Sementara yang dari JIEXpo diantarkan shuttle bus hingga ke depan gerbang E-1.

“Ya, saya memang suka balap mobil. Kan jarang Formula E diadakan di sini,” kata Aris salah satu penonton kepada Tribunnews yang tengah mengantre masuk di gerbang E1.

“Saya mau nonton dari yang sesi pertama sampai nanti yang sore. Ya ini kan kalau sukses juga bagus buat kita (Indonesia). Jadinya ya ayo kita sama-sama sukseskan lah,” sambungnya.

Di area E1, para penonton akan dicek mulai dari tiket hingga barang bawaan yang ada di dalam tas dengan menggunakan X-ray.

Selain barang-barang terlarang, para penonton juga dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

“Kami di sini mengecek barang bawaan penonton. Makanan dan minuman juga tidak boleh bawa dari luar karena kami ada UMKM di sini. Kami menjual untuk mereka. Kalau mereka mau makan minum bisa beli di sana. Sudah peraturan di sini,” kata Abdul Fani, PIC X-ray.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *