Pohon Ajaib Andalan WHO, Ini Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Siapa sangka jika manfaat daun kelor sangat luar biasa. WHO (Badan Kesehatan Dunia) pun jatuh hati dengan daun tanaman herbal ini. Bahkan WHO menamainya dengan sebutan “pohon ajaib”.

Tak banyak orang yang mengetahui keutamaan dari daun kelor. Dibalik ungkapan “Dunia Tak Selebar Daun Kelor” tersimpan fakta menarik dari daun ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kelor atau bisa Anda sebut merunggai (Moringa oleifera) merupakan jenis tanaman berbatang kayu dengan tinggi dapat mencapai 10 meter. Bunga tanaman ini memiliki aroma yang wangi berwarna putih kekuningan.

Orang barat mengenal pohon ini dengan sebutan drumstick tree, karena memiliki kayu yang sering bermanfaat untuk pembuatan stik penabuh drum.

Kelor memiliki bentuk pohon tinggi kurus dan akar yang dapat menyerap air hujan dengan baik. Menariknya, saat musim kemarau tiba, air tersebut akan tersimpan dan menjadi sumber air bagi tanaman lain di sekitarnya.

Segudang Manfaat Daun Kelor dan Kandungan Nutrisinya

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan beragam. Daun ini kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, serta berbagai mineral penting lainnya.

Lebih menariknya lagi, daun kelor mengandung vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel. Sama halnya dengan kandungan vitamin C pada daun kelor, tujuh kali lebih banyak dari buah jeruk.

Kandungan kalsium dan protein dalam daun kelor, dua sampai empat kali lebih banyak dari susu. Bila Anda bandingkan dengan pisang, daun kelor tiga kali lebih banyak mengandung potasium.

WHO Menggunakan Daun Kelor untuk Mengatasi Berbagai Penyakit di Afrika

Manfaat daun kelor yang menakjubkan ini sudah dibuktikan oleh WHO. Bahkan WHO menyerukan penanaman pohon kelor secara besar-besaran di kawasan miskin Afrika untuk konsumsi.

Pasalnya, daun ini sudah terbukti berkhasiat. Sehingga dapat menjadi alternatif obat alami yang murah bagi masyarakat miskin di Afrika maupun negara-negara miskin lainnya.

Mengejutkannya, daun kelor dapat mengatasi sekitar 300 jenis penyakit. Selain itu, menurut WHO daun kelor juga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi bayi dan anak-anak.

Bila Anda bandingkan dengan jenis sayuran seperti bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya, manfaat daun kelor jauh lebih besar.

Tak cuma itu manfaat dari daun ini, melainkan juga dapat meningkatkan energi, sistem kekebalan tubuh, hingga memenuhi kebutuhan nutrisi.

Khasiat Daun kelor untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat daun kelor dapat mencegah penyakit kolesterol. Dengan mengonsumsi daun kelor, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi sayur daun kelor dapat mengatasi beberapa jenis penyakit akibat kekurangan nutrisi.

Seperti gusi berdarah akibat kekurangan vitamin C, gangguan mata akibat kekurangan vitamin A, hingga pertumbuhan anak yang terganggu karena kekurangan asupan protein.

Atasi anemia akibat kekurangan zat besi juga bisa dengan mengonsumsi daun kelor. Daun kelor juga dapat mengatasi penyakit kulit kering dan pecah-pecah karena kekurangan vitamin B2 bahkan beri-beri akibat kurangnya vitamin B1.

Manfaat lainnya, daun kelor dapat mengatasi osteoporosis akibat kekurangan kalsium, dermatitis karena kurang vitamin B3, hingga penumpukan lemak pada liver karena kurang choline.

Daun kelor juga dapat mengatasi masalah kesuburan pada pria. Pasalnya, daun kelor berfungsi sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah pria. Dalam pengobatan tradisional, daun kelor berkhasiat sebagai obat disfungsi ereksi.

Khasiat Daun Kelor dari Hasil Riset

Hasil riset Anna Technology University India, daun kelor berperan sebagai hepatoprotektor atau pelindung hati. Selain itu, daun ini juga berperan penting meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

Manfaat lainnya, daun kelor dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan serum kolesterol alami serta menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Hasil riset membuktikan, daun kelor dapat membantu menurunkan gula darah hingga 21 persen.

Hasil riset ini diambil dengan uji coba mencampurkan sebanyak 50 gram daun kelor pada makanan. Setelah itu, dikonsumsi penderita diabetes.

Fungsi lainnya dari daun ini, sebagai antioksidan, anti inflamasi, melancarkan sistem sirkulasi, mengatasi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun kelor juga berperan dalam mengatasi masalah kulit, seperti garis penuaan dini pada wajah.

Melihat manfaat daun kelor ini, tak heran jika WHO menyebutnya sebagai pohon ajaib. Uniknya, tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, daun kelor juga konon dipercaya dapat menangkal ilmu hitam. Bahkan dalam beberapa praktik perdukunan, daun kelor berperan sebagai media mengusir makhluk halus.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *