Apa Benar Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Pisang?

Makan Pisang
Makan Pisang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Pisang merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Meski begitu, buah ini disebut-sebut terlarang bagi penderita diabetes.

Salah satu alasan pisang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes karena karbohidrat yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nah, benarkah pisang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes? Mengutip sejumlah sumber, pisang masih bisa dimakan oleh penderita diabetes. Namun ada syarat yang harus dipatuhi ketika hendak memakan pisang.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang akan berubah menjadi glukosa dalam pencernaan. Bantuan insulin membantu glukosa menyediakan energi untuk beraktivitas.

Meski demikian, pasien diabetes memiliki gangguan insulin. Maka itu, glukosa akan kesuitan diubah jadi energi dan membuat tinggi kadarnya dalam darah.

Bayangkan, satu pisang mengandung 30 gram karbohidrat. Hal ini setara dengan dua lembar roti.

Untuk penderita diabetes, ada cara makan pisang yang harus diperhatikan. Ketika disajikan pisang dan roti, kedua makanan itu bisa dimakan secara bersamaan tetapi jangan dihabiskan semuanya.

Contohnya, konsumsi karbohidrat harian 45 gram. Seseorang bisa memakan dua lembar roti yang mengandung 30 gram karbohidrat dan 15 gram dari setengah potong pisang. Atau sebaliknya.

Berdasarkan American Diabetes Association (ADA), pasien diabetes boleh makan pisang dengan takaran kandungan karbohidrat tidak berlebih. Pasien diabetes juga disarankan makan pisang ukuran kecil dengan panjang tidak lebih dari 15 sentimeter.

Selain itu, cara pasien makan pisang adalah dengan utuhan alias tidak dibuat jus. Makan pisang secara utuh bisa mengenyangkan lebih lama ketimbang jus.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *