Pakar Politik: Kejutan di Pilpres 2024 Sulit Terjadi

Pilpres 2024
Pilpres 2024
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pakar politik dari Universitas Paramadina Djayadi Hanan memprediksi Pilpres 2024 minim kejutan. Hal itu tergambar dari sejumlah survei elektabilitas calon presiden (capres) dengan hasil serupa.

“Kalau ditanya mungkin tidak ada kejutan? Dari hitung-hitungan statistik, berat,” kata Djayadi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, hari ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Djayadi mengatakan beberapa hasil survei menyatakan sosok dengan elektabilitas tinggi itu-itu saja. Mulai dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Jarak (elektabilitas) antara tiga orang ini dengan peringkat keempatnya jauh sekali,” papar dia.

Menurut Djayadi, pembicaraan publik soal sosok di luar nama yang menjadi tiga besar tetap bisa terjadi. Namun lingkupnya sebatas menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Sebanyak tiga sosok memiliki tingkat elektabilitas tinggi sebagai calon presiden (capres). Hal itu berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia.

“Nama-nama itu ialah (Ketua Umum Partai Gerindra) Prabowo Subianto, (Gubernur Jawa Tengah) Ganjar Pranowo, dan (Gubernur DKI Jakarta) Anies Baswedan,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Juni 2022.

Hanta memerinci elektabilitas Ganjar mencapai 26,9 persen. Kemudian elektabilitas Prabowo 22,5 persen dan elektabilitas Anies sebesar 16,8 persen.

“Simpulan sementara, capres yang berpotensi kuat baru tiga nama,” papar dia.

Survei dilakukan pada 16 Mei hingga 22 Mei 2022 dan melibatkan 1.220 responden. Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *