Dimandikan dan Disalatkan RK di RS Insel Swiss, Jenazah Eril Diharap Bisa Segera Diterbangkan ke Jakarta

Ridwan Kamil (foto instagram ridwan kamil)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ridwan Kamil (RK) langsung terbang kembali ke Swiss setelah mendapat kabar bahwa jenazah sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan. Di Insel Hospital, Swiss, tempat jenazah Eril disemayamkan Gubernur Jawa Barat itu memandikan dan mensalatkan almarhum sesuai syariat.

Selain itu Kang Emil juga membagikan story di instagramnya yang menyebutkan, penjelasan ilmiah mengapa jasad Eril bisa tetap utuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh:

Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari,” ungkap Ridwan Kamil dalam story instagramnya usai memandikan jenazah Eril, Jumat (10/6/2022).

Story IG Ridwan Kamil

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan, Jenazah Eril selanjutnya juga akan dimandikan dan disalatkan sesuai tuntutan Islam di rumah sakit tersebut. Retno menambahkan Kementerian Luar Negeri akan terus membantu Ridwan Kamil untuk memfasilitasi kepulangan jenazah Eril ke Indonesia.

“Pak RK (Ridwan Kamil) sudah berada di Insel Hospital. Jenazah (Eril) sudah berada di Insel Hospital untuk dilakukan ritual keagamaan sesuai syariat Islam,” ujar Retno dalam pernyataan yang dikeluarkan Kamis (9/6).

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya menyampaikan jenazah Eril diharapkan bisa segera tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu besok. Pihak keluarga hingga saat ini juga terus berkomunikasi dengan KBRI untuk rencana pemulangan jenazah Eril lebih detail.

“Untuk rencana penjemputan kami koordinasi dengan KBRI dan Kemenlu dan mudah-mudahan hari Sabtu dan Minggu almarhum sudah bisa tiba di Jakarta,” ungkap Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6).

“Kita akan lakukan penjemputan secara detail kami informasikan dan terus berkomunikasi baik dari bandara dan luar negeri,” sambungnya.

Sementara terkait lokasi pemakaman, Wahyu mengatakan pihak keluarga saat ini masih melakukan musyawarah. Hal itu nantinya juga akan diumumkan jika sudah ditetapkan.

“Lokasi pemakaman akan berkoordinasi dengan keluarga dan Insya Allah akan disampaikan. Karena informasi baru sekarang apakah nanti rumah duka di sini atau di mana kami koordinasi dan dipastikan,” jelasnya.

Seperti diketahui, jasad Eril yang hilang tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, telah ditemukan pada Kamis (9/6). Eril diketahui ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Bendungan Engehalde. Kabar penemuan jasad Eril itu disampaikan oleh Kepolisian Swiss dan dikonfirmasi Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern, Muliaman Hadad.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *