PBNU Desak Pemerintah Ambil Langkah Fundamental Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok

Setelah penguncian alias lockdown diberlakukan untuk penanganan covid-19
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) mendesak pemerintah mengambil langkah fundamental untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok. Sebab, harga beberapa kebutuhan pokok terus meroket dan naik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami minta kepada pemerintah agar mengeluarkan kebijakan fundamental untuk kepentingan masyarakat kecil,” kata Ketua PBNU Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup, Aizuddin Abdurrahman dalam keterangannya, Ahad, 19 Juni 2022.

Menurutnya, harga pokok sudah naik tiga kali sembilan, yaitu menjelang kenaikan harga BBM, pasca pengumuman kenaikan harga BBM, dan menjelang Ramadhan 2022.

Dalam situasi sulit begini, kata pria yang biasa disapa Gus Aiz itu, terobosan sangat diperlukan. Tidak sekedar operasi pasar . Dalam banyak kasus, operasi pasar kurang efektif. Selain sifatnya yang temporer, operasi pasar juga hanya menjangkau segmen kecil dari masyarakat.

Akibatnya, operasi pasar tidak begitu efektif menahan laju harga dan memastikan ketersediaan sembako yang bisa dicapai rakyat.

“Kami minta dengan hormat dan sangat kepada pemerintah mengeluarkan kebijakan prinsip untuk mengendalikan naiknya harga pokok sepenuhnya untuk membantu beban dan meningkatkan daya beli masyarakat. Bukan kebijakan-kebijakan sementara, termasuk agar tidak terjadi inflasi,” kata Gus Aiz.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *