Gus Baha: Syekh Siti Jenar Pernah Mengaku Tuhan, Tapi Kalah Bertarung dengan Sunan Kalijaga

Syekh Siti Jenar Mengaku Tuhan
Gus Baha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salam Sedulur.. Syekh Siti Jenar menjadi sebuah nama yang melegenda di cerita para wali. Keyakinan Manunggaling Kawula Gusti yang menyatakan dirinya adalah Tuhan membuat Siti Jenar berakhir dihukum mati oleh Wali Songo.

Ulama ahli tafsir Alquran, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan tentang ajaran Manunggaling Kawula Gusti yang diajarkan oleh Syekh Siti Jenar. Ia berkata, ajaran itu lahir karena seseorang terlalu percaya diri jika Tuhan sudah menyatu ke dalam dirinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sampai ada aliran Wahdatil Wujud atau Manunggaling Kawula Gusti karena seseorang terburu-buru GR merasa dekat dengan Tuhan. Lalu Tuhan dianggap bersemayam di dirinya masing-masing, akhirnya mempunyai keyakinan Manunggaling Kawula Gusti, disebut Wahdatil Wujud,” kata Gus Baha.

“Seperti cerita Syekh Siti Jenar. Kacau..!! Siti Jenar dipanggil Walisongo untuk diadili sebab mempunyai aliran Wahdatil Wujud. Ketika dia berada di rumah, ada utusan Walisongo yang datang, “Siti Jenar, kamu dipanggil Walisongo..!!”

“Di sini tidak ada Siti Jenar, adanya Allah!”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *