Breaking news! Ribuan Jemaah Haji Indonesia Alami Dehidrasi

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id – Sebanyak 32.374 jamaah calon haji Indonesia dari 83 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Makkah baik dari gelombang satu Madinah, maupun gelombang dua dari Jeddah.

Berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama yang dipantau Selasa pukul 19.39 Waktu Arab Saudi, sebanyak 19.427 jamaah dari 49 kloter masih berada di Madinah.

Total kloter yang sudah berangkat dari Tanah Air hingga saat ini sebanyak 144 kloter, sedangkan yang sudah tiba di Tanah Suci sebanyak 138 kloter. Dengan total yang berangkat tercatat sudah 56.528 orang sedangkan yang tiba sebanyak 54.176 jamaah.

Tercatat, hingga hari kedelapan belas operasional haji di Tanah Suci, jamaah yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah berjumlah 32 jemaah. Serta tiga ribu kasus atau jemaah lakukan rawat jalan, yang mayoritas akibat dehidrasi.

“Rata-rata disebabkan karena alami dehidrasi sehingga penyakit bawaan dari Tanah Air ini jadi kambuh,” terang Kasie Kesehatan Haji Indonesia Muhammad Imran dalam keteranganya, Rabu (22/6).

Selain itu, Jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi karena gangguan penyakit jantung, serta patah di tulang lututnya akibat jatuh di toilet.

“Paling banyak adalah karena hipertensi, diabetes dan dehidrasi. Mereka yang kelelahan karena aktivitas apakah karena umrah atau sekedar ziarah,” katannya.

Imran menganjurkan jemaah untuk memperhatikan asupan cairan dengan minum air sesering mungkin. Karena dehidrasi ini menjadi pemicu awal mereka penyakit bawaan menjadi berat.

Selain itu, pada saat keluar ruangan pada siang hari, Jemaah diharapkan menggunakan payung untuk menghindari sengatan matahari langsung dan tetap menggunakan alas kaki karena banyak kasus ditemukan kaki jemaah melepuh.

“Bawa botol semprotan air untuk dinginkan suhu permukaan kulit, dan untuk mencegah penguapan lebih banyak atau cegah dehidrasi,” kata Imran.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *