Ini 7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Ginseng
Manfaat Ginseng
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sejak dahulu ginseng telah dimanfaatkan khasiatnya untuk kesehatan, terutama bagian akarnya. Pengobatan tradisional Cina sudah lama menggunakan ginseng. Mengutip publikasi Journal of Translational Medicine, ginseng bermanfaat untuk mengatasi peradangan.

Ginseng mengandung ginsenosides yang berguna untuk mengaktifkan sistem antiinflamasi yang mengatasi radang, termasuk di tenggorokan. Jenis ginseng tak hanya satu, tapi ada beragam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ginseng biasanya dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman. Tak hanya menyehatkan, tumbuhan ini juga membantu memperkuat rasa dan aroma. Mengutip WebMD, ada dua jenis ginseng yang terkenal yaitu ginseng Asia (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius).

Manfaat ginseng

1. Antioksidan mengurangi peradangan

Mengutip Healthline, ginseng memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan, ekstrak ginseng dan senyawa ginsenosides menghambat peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan dalam sel.

2. Meningkatkan fungsi otak

Ginseng membantu meningkatkan fungsi otak seperti memori, perilaku, dan suasana hati. Healthline merujuk penelitian, komponen dalam ginseng, seperti ginsenosides dan senyawa K bermanfaat melindungi otak dari kerusakan yang tersebab radikal bebas.

3. Meningkatkan disfungsi ereksi

Ginseng menjadi alternatif yang berguna untuk pengobatan disfungsi ereksi pria. Senyawa di dalam ginseng melindungi terhadap stres oksidatif di pembuluh darah dan jaringan organ reproduksi mengembalikan fungsi normal. Ginseng meningkatkan produksi oksida nitrat senyawa yang meningkatkan relaksasi otot organ reproduksi dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian yang mengeksplorasi efeknya pada sistem kekebalan telah difokuskan pada pasien kanker yang menjalani operasi atau perawatan kemoterapi. Hasilnya, orang-orang ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam fungsi kekebalan dan kekambuhan gejala yang lebih rendah.

5. Mengurangi risiko kanker

Ginseng bermanfaat mengurangi risiko kanker. Ginsenosides dalam tumbuhan ini terbukti mengurangi peradangan dan perlindungan antioksidan. Kanker timbul akibat adanya sel ganas. Ginsenosides ginseng mencegah produksi dan pertumbuhan sel abnormal itu.

6. Meningkatkan energi

Ginseng bermanfat meningkatkan energi. Kandungan dalam ginseng, seperti polisakarida dan oligopeptida menurunkan stres oksidatif dan produksi energi yang lebih tinggi.

7. Menurunkan gula darah

Ginseng Amerika dan Asia sama-sama bermanfaat meningkatkan fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin dan penyerapan gula darah dalam jaringan. Ekstrak ginseng juga memberikan perlindungan antioksidan yang mengurangi radikal bebas dalam sel orang yang diabetes.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *