Keutamaan Melaksanakan Ibadah Haji

Keutamaan Ibadah Haji
Keutamaan Ibadah Haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Rukun Islam yang kelima adalah haji. Bagi umat Islam yang mampu, haji adalah wajib. Menjadi mampu berarti mampu secara fisik, psikologis, dan finansial.

Karena haji adalah rukun Islam, setiap Muslim yang mengingkari keberadaan ibadah ini berarti menyangkal Islam. Melakukan perjalanan pada hakikatnya adalah fardu ‘ain hukumnya bagi setiap muslim, minimal sekali seumur hidup.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kewajiban ibadah haji terhitung sejak seseorang dianggap telah memenuhi syarat wajib, yaitu beragama Islam, sudah baligh, berakal, merdeka, dan berkemampuan atau istitha’ah. Berikut merupakan keutamaan ibadah haji yang perlu diketahui, berdasarkan buku Ibadah Haji Rukun Islam Kelima karangan Ahmad Sarwat.

Keutamaan Ibadah Haji

Menjauhkan Kefakiran dan Menghapus Dosa

Salah satu hikmah yang bisa diraih oleh mereka yang melaksanakan ibadah haji adalah melenyapkan kefakiran. Rasulullah SAW bersabda: “Kerjakanlah haji dengan umrah berturut-turut, karena mengerjakan keduanya seperti itu akan melenyapkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana api tukang pandai besi menghilangkan karat besi.” (HR. Ibnu Majah)

Hadits ini bisa dipahami dengan dua cara. Cara pertama, memang orang yang pergi haji itu pasti tidak fakir, sebab orang yang fakir tidak mungkin pergi haji. Kedua, terkadang di antara hikmah bagi orang yang pergi haji itu bisa mendapat motivasi untuk bekerja lebih giat.

Selain melenyapkan kefakiran, ibadah haji juga menjadi penebus dosa bagi pelakunya. Tidak ada ibadah yang lebih berharga dari yang dapat menghapus dosa-dosa.

Haji Sebanding Nilainya dengan Jihad

Jihad fi sabilillah adalah salah satu ibadah yang amat istimewa dan berpahala besar. Namun memang wajar apabila seorang berjihad mendapatkan karunia dan balasan yang amat besar mengingat berjihad itu sangat berat. Selain harus meninggalkan kampung halaman, jauh dari anak dan istri, untuk berjihad juga dibutuhkan kekuatan, kemampuan, keterampilan serta yang lebih penting adalah jihad membutuhkan harta yang cukup banyak.

Balasan Surga

Salah satu keutamaan berhaji adalah janji untuk diberi balasan berupa surga oleh Rasulullah SAW: “Haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali serga.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini amat masyhur dan memang shahih karena diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Barangkali hadits ini adalah hadits yang paling dihafal oleh jutaan jamaah haji di dunia ini.

Menghapus Dosa Seperti Bayi

Orang yang melaksanakan ibadah haji dengan pasti disebutkan sebagai orang yang tidak punya dosa, bagaikan bayi yang baru pertama kali dilahirkan ibunya ke dunia ini. Dan yang mengatakan adalah Rasulullah SAW sendiri, langsung dari mulut beliau yang mulia.

“Siapa yang pergi haji dengan tidak mengucapkan kata-kata kotor dan tidak berbuat kefasikan, maka ia pulang seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Amal Terbaik

Dalam hadits lain disebutkan bahwa Nabi SAW pernah ditanya tentang amal apa yang paling baik setelah iman dan jihad. Dan Beliau SAW menjawab pasti bahwa ibadah itu adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah.

Dibanggakan Depan Malaikat

Satu lagi keutamaan orang yang melakukan ibadah haji yang juga teramat istimewa, yaitu jamaah haji itu dibanggakan oleh Allah SWT di depan para malaikatnya. Dahulu, awalnya para malaikat itu adalah di antara makhluk-makhluk Allah yang mempertanyakan kepada Allah SWT, tentang peran dan kedudukan manusia sebagai khalifah di atas bumi.

Namun karena Allah SWT perintahkan para malaikat sujud kepada manusia (Nabi Adam), maka mereka pun sujud, kecuali iblis. Dan para malaikat itu adalah makhluk yang paling tinggi derajatnya. Kalau sampai Allah membanggakan jamaah haji di depan para makhkuk yang tinggi derajatnya, berarti derajat jamaah haji itu pun juga sangat tinggi, sebab sudah bisa dijadikan kebanggaan.

Sumber: ihram

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *