Mengulang Momen, Anies Baswedan Ajak Masyarakat Jakarta Salat Idul Adha di Stadion JIS

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium atau JIS, Minggu (10/8/2022). Masyarakat bisa ikut salat bersama di stadion terbesar se-Asia Tenggara itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengajak masyarakat agar mengikuti salat Idul Adha berjamaah di sana. Ajakan ini ia sampaikan melalui akun instagram pribadinya, @aniesbaswedan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya Anies Baswedan bersama ini mengundang kepada masyarakat di Jakarta umat Islam untuk bersama-sama menegakkan salat Idul Adha di JIS yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 10 Juli 2022 pukul 06.30 WIB,” ujar Anies, Jumat (8/7/2022).

Kegiatan salat berjamaah ini merupakan kedua kalinya di JIS, setelah sebelumnya salat Idulfitri juga digelar di JIS. Anies pun mengajak masyarakat mengulangi momen ini.

“Insyaallah kita bisa bersama-sama melakukan salat Iduladha sebagaimana kita kemarin menyelenggarakan Idulfitri di tempat ini. Terimakasih, salam takzim,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu 10 Juli mendatang. Jemaah yang hadir diminta tetap waspada dengan penyebaran Covid-19 yang masih terjadi.

Plh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga atau booster, dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

Sigit menyebut pelaksanaan salat Ied berjamaah ini telah melakukan koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia atau MUI DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia/DMI DKI Jakarta, serta Lembaga-lembaga Islam lainnya. Tiap lembaga islam yang terlibat itu disebut Sigit menyatakan pelaksanaan salat Iduladha di JIS ini telah sesuai dengan kaifiat salat Iduladha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta.

“Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Iduladha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan,” ujar Sigit dalam keterangannya, Kamis (7/7).

Lebih lanjut, Sigit menerangkan, berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Idulfitri di JIS juga sudah disiapkan. Mulai dari tempat wudu, tempat parkir, dan toilet.

Meski telah disediakan tempat wudu, disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

“Segala sesuatu keperluan saat salat Ied sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses. Oleh karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, dan lengkapi vaksinasi boosternya,” tuturnya.

Pelaksanaan salat Iduladha 1443 H berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan Jakarta International Stadium, Jakarta Utara. Namun, Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Iduladha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. K. H. Syukron Mam’un, serta Imam salat Ied adalah K.H.Muhammad Ali.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *