Amirul Hajj: Kepuasan Jemaah Jadi Standar Keberhasilan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menilai, penyelenggaraan haji secara umum berjalan dengan baik dan lancar. Menurutnya, standar pelayanan haji yang sesungguhnya yaitu kepuasan jemaah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Alhamdulillah, haji tahun ini relatif lancar semua. Sesuai apa yang kita rencanakan sejak di Tanah Air. Saya berharap ini menjadi banchmark untuk pelaksanaan haji pada tahun-tahun berikutnya. Tentunya juga harus lebih bagus dari tahun ini, standarnya tentu kepuasan jemaah,” kata Yaqut di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Senin (18/7/2022).

“Kalau jemaah puas dengan layanan yang diberikan, semuanya on the track. Sejauh ini jemaah terlayani dengan baik,” lanjutnya.

Meskipun demikian, kata Yaqut, apabila dilihat dari sisi bimbingan ibadah, maka masih perlu beberapa penguatan.

Oleh karena itu, ke depannya, perlu keterlibatan para pembimbing ibadah dalam kegiatan manasik di Kantor Urusan Agama (KUA) sejak awal. Hal itu sebagai pra kondisi pengenalan pembimbing haji dengan jemaah.

“Untuk petugas pembimbing ibadah perlu diperkuat dan rekrutmennya supaya dilakukan lebih awal sebelum petugas yang lain. Saya minta juga pembimbing ibadah dapat dilibatkan dalam serangkaian kegiatan manasik di Tanah Air. Ketika berada di Saudi dan melaksanakan ibadah haji pembimbing ibadah sudah kenal dengan jemaahnya,” kata Yaqut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *