Pengamat Politik: Ganjar Pranowo Bisa Sampai Puncak Seperti Sekarang Berkat PDIP

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id PDIP tak kunjung memberikan sinyal dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Selain Ganjar, nama lain yang digadang-gadang berpeluang menjadi capres dari partai banteng adalah Ketua DPR R Puan Maharani, yang tak lain adalah anak sang Ketum Megawati Soekarnoputri.

Khusus Ganjar, elektabilitasnya hampir selalu masuk dalam tiga besar bursa capres 2024 berdasarkan sejumlah survei. Namun, hingga kini PDIP belum menunjukkan ketertarikannya terhadap kadernya itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Direkrut Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengaku sulit membayangkan Ganjar tak sampai maju nyapres dari PDIP.

Pasalnya, menurut dia, nama Ganjar Pranowo selama ini selalu dijagokan hampir seluruh tukang survei.

Meskipun demikian, kata Adi, harus juga diakui bahwa sejak awal berkarier di panggung politik Ganjar hingga bisa besar seperti sekarang berkat Partai Banteng.

Bahkan, kata Adi, bisa jadi Ganjar tak akan menjadi apa-apa andai tak didukung partai besutan Megawati itu.

“Karena apapun judulnya Ganjar bisa sampai puncak seperti sekarang ini karena PDIP. Berbaju merah, berbaju Banteng,” kata Adi, di Jakarta (18/7/2022).

Lebih jauh, dia memprediksi, nantinya akan ada solusi dalam dilema pencapresan Ganjar.

Pada akhirnya, menurut Adi, PDIP akan bersikap realistis. Artinya, PDIP akan tetap mengusung Ganjar di 2024.

Skenario PDIP mengusung Ganjar, salah satu indikasinya berdasarkan pola hubungan Ganjar dan sejumlah elite PDIP.

Menurut Adi saat ini hubungan Ganjar dan sejumlah elite PDIP mulai kondusif dan tidak sepanas dulu.

Sejumlah elite PDIP diketahui sempat melayangkan sindiran terhadap Ganjar karena dianggap terlalu ambisius dan banyak pencitraan.

Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto, bahkan sempat menyebut Ganjar terlalu kemajon, istilah Jawa yang berarti terlalu maju arus berlebihan. Namun, keduanya belakangan bersalaman di Rakernas akhir Juni lalu.

“Sekarang sudah jarang elit PDIP menyerang Ganjar. Jarang juga pendukung dan relawan Ganjar menyerang Puan,” ungkap Adi yang juga pengajar ilmu politik UIN Jakarta itu.

Ganjar Akan Tinggalkan PDIP

Pengamat politik dari Universitas Andalas, Asrinadi menganggap sikap diam Ganjar selama ini terkait keinginannya berlaga di Pilpres 2024 membuka peluang bagi parpol lain.

Menurut dia, Ganjar akan tetap laku di luar PDIP. Apalagi, NasDem juga telah memasukkan namanya dalam bursa capres mereka. Ganjar masuk bursa bersama Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Karenanya, kata dia, sikap PDIP yang menahan diri, justru bisa menghadirkan risiko politik. Apalagi jika PDIP nantinya lebih memilih tokoh lain sebagai capres.

Skenario demikian, menurut Asrinadi, berpotensi membuat Ganjar akan memilih meninggalkan PDIP.

Asrinaldi berkata risiko Ganjar meninggalkan PDIP bisa terjadi dan rasional. Sebab, menurut dia, Ganjar tak bisa menunggu dua kali untuk mendapatkan momennya unggul di sejumlah hasil survei capres.

Pun jika Ganjar meninggalkan PDIP Asrinaldi meyakini masih ada partai lain yang akan senang meminangnya.

“Kalau seandainya keputusan PDIP tetap memajukan Puan, sementara Ganjar dianggap harus ikut perintah partai, saya pikir Ganjar rasional meninggalkan PDIP,” kata dia, Senin (18/7/2022).

PDIP akan menderita kerugian lebih besar Keputusan Ganjar jika sampai berlabuh ke partai lain. Salah satunya, kata Asrinaldi, potensi PDIP ditinggalkan sebagian pemilihnya di Jawa Tengah karena mereka akan lebih memilih Ganjar.

Sementara bagi Ganjar, menurut Asrinaldi kerugiannya tak sebesar PDIP. Ganjar mungkin hanya akan dicap sebagai pengkhianat jika sampai meninggalkan PDIP.

“Bagi Ganjar sendiri yang cukup rasional, peluang dia besar pada 2024 tidak memanfaatkan kesempatan itu tentu dia akan rugi sendiri. Karena momentumnya,” pungkasnya.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *