Jalan Menuju Simpanglima Ditutup Selama Upacara Pembukaan MTQ

Upacara Pembukaan MTQ
PERSIAPAN MTQ: Di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, sejak Kamis kemarin terlihat kesibukan luar biasa pemasangan panggung raksasa yang akan dipakai upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jumat malam ini (22/7).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pengambilan Maqra’ Secara Online

SEMARANG, Hajinews.id –  Kesiapan Kota Semarang menjadi sahibul bait atau tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Jateng sangat jelas terlihat. Hingga Kamis kemarin (21/7) sepanjang jalan protokol telah terpasang umbul-umbul, spanduk, dan baliho berukuran besar bertuliskan ‘’Sukseskan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah 22-25 Juli 2022 di Kota Semarang’’. Videotron berupa ucapan selamat datang kepada para kafilah dari 35 kabupaten/kota juga sudah menyala.

Di lokasi upacara pembukaan, Lapangan Pancasila, Simpanglima Semarang, tampak kesibukan memasang panggung berukuran raksasa. Dikomandani Munjie Organizer, para pekerja sibuk memasang panggung dengan warna dominan hijau. Sementara tenda untuk para bupati wali kota dan kafilah se-Jawa Tengah dominan warna merah putih. ‘’Kami siapkan tempat duduk kapasitas 1.500 orang. Tetapi di luar tamu undangan Insya Allah masyarakat Kota Semarang akan berduyun-duyun menyaksikan upacara pembukaan. Selain mengharap berkahnya Al-Qur’an karena kehadiran para ahlul Qur’an sekaligus ingin mendengarkan lagu-lagu Pasha Ungu Band,’’ kata Kabag Kesra Setda Kota Semarang Agus Rohim kepada wartawan, kemarin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin selaku Ketua Panitia MTQ Jateng menjelaskan, selama pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan, semua akses menuju Lapangan Pancasila ditutup untuk umum. ‘’Kecuali tamu undangan dan para kafilah MTQ se-Jateng akan diberikan jalan menuju tempat upacara,’’ katanya.

Sore kemarin tampak anggota Paskibra dan Marching Band dari SMP Negeri 1 Semarang yang akan memeriahkan defile MTQ sudah mulai melakukan gladi kotor di Simpanglima.

Sementara di halaman Balai Kota Jalan Pemuda Semarang telah terpasang tenda untuk tempat bazar UMKM dan layanan kesehatan dari RSI Sultan Agung Semarang.

Jumat pagi (22/7) dijadwalkan para kafilah se-Jateng mulai berdatangan ke Kota Semarang. Mereka akan langsung melakukan pendaftaran ulang di Media Center yang terletak di Gedung Balai Kota Jalan Pemuda Semarang. Mereka selanjutnya akan diantarkan menuju tempat penginapan yang sudah disiapkan panitia.

Pengambilan Maqra

Pamong Budaya Ahli Muda pada Seksi Seni Budaya Islam dan Musabaqah Al Qur’an dan Al Hadist Kanwil Kemenag Jateng Nining Indrawati menjelaskan, LPTQ Jateng telah melakukan terobosan dengan membuat aplikasi MTQ secara online.

Para kafilah se-Jateng menurut Nining telah melakukan pendaftaran secara online. ‘’Yang paling baru adalah pengambilan maqra atau soal tiap cabang atau golongan yang dimusabaqahkan juga dilakukan secara online. Selama ini pengambilan maqra dilakukan secara manual. Yaitu peserta baru mendapat amplop berisi soal yang dibacakan oleh dewan hakim. Di MTQ XXIX Jateng ini maqra secara online,’’ kata Nining.

Sistem penjurian atau penilaian para dewan hakim juga dilakukan menggunakan IT. ‘’Alhamdulillah semua sudah digitalisasi,’’ kata Nining.

Upacara pembukaan MTQ akan dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditandai dengan pemukulan beduk. Band Ungu dan Seribu Penerbang Hadrah akan memeriahkan acara itu. Sedang upacara penutupan Minggu malam (24/7) akan dimeriahkan Jateng Bershalawat  bersama Zahir Mania Hahib Ali Zainal Abidin dari Pekalongan.

Ketua Pelaksana LPTQ Kota Semarang Yuyun Affandy mengajak warga Kota Semarang untuk berdoa agar kafilah tuan rumah menjadi yang terbaik. ‘’Kami sudah melakukan ikjhtiar lahir batin, pembinaan dan pelatihan hingga tiga kali. Sekarang tinggal memohon pertolongan Allah swt melalui doa,’’ kata Yuyun. Dia minta pengurus masjid, pondok pesantren dan ormas Islam untuk berdoa dari 22 hingga 24 malam agar kafilah Kota Semarang menjadi juara.

 

INFO PENGALIHAN ARUS Dalam rangka Pembukaan MTQ Tahun 2022 pada Jumat, 22 Juli 2022 akan ada pengalihan arus dibeberapa jalan mulai pukul 17.00 – selesai.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *