Apa Keistimewaan Ali bin Abi Thalib? Berikut Paparannya

Keistimewaan Ali bin Abi Thalib
Keistimewaan Ali bin Abi Thalib
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Bagi Nabi Muhammad, Ali seperti Harun bagi Musa

Hajinews.id Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat yang memiliki kedudukan khusus di sisi Nabi Muhammad. Kisah pengorbanannya untuk Nabi tentu tidak asing lagi saat menggantikan Nabi ditempat tidurnya demi menghindari rencana pembunuhan orang-orang Quraisy.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut adalah beberapa keistimewaan Ali bin Abi Thalib.

Dijamin masuk surga

Nabi Muhammad SAW telah menjamin sepuluh sahabat yang dipastikan masuk surga. Salah satunya adalah Ali bin Abi Talib. Dalam sebuah hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, az-Zubair di surga, Sa’ad (bin Abi Waqqash) di surga, Sa’id (bin Zaid) di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga.” (HR. at-Tirmidzi)

Kedudukan istimewa di sisi Nabi

Ali juga merupakan sosok sahabat yang memiliki kedudukan khusus di sisi Nabi. Di mata beliau, Ali bagaikan Haru bagi Musa.

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi tugas Ali bin Abi Thalib saat perang Tabuk (untuk menjaga para wanita dan anak-anak di rumah). Ali pun berkata, ‘Wahai Rasulullah, engkau hanya menugasiku untuk menjaga anak-anak dan wanita di rumah ?”

Maka beliau menjawab, “Tidakkah engkau rela mendapatkan kedudukan di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa, hanya saja tidak ada nabi setelahku?” (HR al-Bukhari no. 4416 dan Muslim no. 2404).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *