Inilah Terapi Asam Urat Alami, Perubahan Pola Makan Hingga Rutin Minum Kopi

Terapi Asam Urat Alami
minum kopi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idAsam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh Anda. Kelebihan ini dapat terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak atau mengeluarkan terlalu sedikit. Istilah “asam urat” digunakan secara umum untuk menggambarkan spektrum penyakit ini dari akut hingga kronis.

Orang yang menderita asam urat biasanya menderita gejala yang mempengaruhi kaki, seperti pembengkakan, nyeri, dan kemerahan, terutama pada sendi di belakang jempol kaki.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Gout akut menyebabkan serangan sporadis dan dapat mempengaruhi hampir semua sendi ekstremitas utama, dengan sendi kecil tangan dan kaki paling sering terkena.

Dengan asam urat kronis, pembengkakan keras yang dikenal sebagai tofi dapat terbentuk pada persendian. Tofi ini terbuat dari asam urat dan bisa tumbuh sangat besar, bahkan sampai menembus kulit.

Orang yang menderita asam urat biasanya menjalani satu atau lebih perawatan berikut untuk membantu mereka mengelola kondisinya.

Perawatan untuk asam urat dirancang untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan dari serangan individu atau frekuensi serangan. Ada yang diberi obat, ada yang bisa melakukan terapi asam urat alami atau modifikasi keduanya.

Sedangkan menurut Health Line berikut adalah terapi asam urat alami;

1. Modifikasi diet

Menyesuaikan pola makan adalah salah satu cara terpenting untuk mengurangi jumlah serangan asam urat akut yang dialami. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

  • Kurangi atau hilangkan alkohol, terutama bir.
  • Minum banyak air atau minuman nonalkohol lainnya.
  • Makan lebih banyak produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Hindari makanan tinggi purin, termasuk jeroan (ginjal, hati, dan roti manis) dan ikan berminyak (sarden, teri, dan herring).
  • Batasi daging demi protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan.
  • Makan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, buah-buahan, dan sayuran, daripada permen manis dan karbohidrat olahan seperti roti putih.

2. Minum kopi

Menurut Mayo Clinic, ada bukti bahwa minum kopi dalam jumlah sedang sehari dapat menurunkan risiko asam urat. Tetapi hindari pengunaan gula berlebih dan susu.

3. Mengonsumsi buah kaya antioksidan

Buah-buahan berwarna gelap seperti blackberry, blueberry, anggur, raspberry, dan terutama ceri dapat membantu menjaga asam urat tetap terkendali.

4. Mengonsumsi vitamin C

Dalam jumlah sedang juga berhubungan dengan penurunan kadar asam urat. Namun, dosis vitamin yang sangat besar justru dapat meningkatkan kadar asam urat.

5. Suplemen lainnya

Ada juga suplemen herbal yang terbukti efektif mengurangi peradangan termasuk cakar setan, bromelain, dan kunyit. Ini belum dipelajari secara khusus untuk asam urat, tetapi mereka dapat membantu pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan serangan.

6. Kompres panas dan dingin

Beralih antara kompres panas selama tiga menit dan kompres dingin selama 30 detik pada area yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi selama serangan asam urat.

7. Menjaga berat badan yang sehat

Selain itu, perubahan pola makan mungkin juga bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Obesitas merupakan faktor risiko penyakit asam urat. Mempertahankan berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mencegah serangan. (*)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *