Inilah 3 Amalan Bulan Muharram sesuai Sunnah, Penghapus Dosa dan Penolong di Hari Kiamat

Amalan Bulan Muharram
Amalan Bulan Muharram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Menjelang Tahun Baru Hijriyah 2022, amalan bulan Muharram sesuai sunnah penting untuk diketahui dan dijalankan. Untuk diketahui, tahun baru Islam 1 Muharram 2022 sudah tiba.

Kalender Islamic Global menetapkan bahwa Tahun baru Islam 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022. Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan mulia (haram) dalam Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bulan pembuka kalender Qomariah itu juga dikenal sebagai  Syahrullah atau Bulan Allah. Maka dari itu, tidak heran jika terdapat banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Muharram.

Amalan Bulan Muharram sesuai Sunnah:

1. Menjalankan Puasa Muharram

Terdapat 3 macam puasa sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram. Amalan sunnah tersebut adalah Puasa Muharram (mulai tanggal 1), Puasa Tasu’a (tanggal 9), dan Puasa Asyura (tanggal 10).

Secara khusus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan keutamaan puasa asyura. Yang masyhur adalah dapat menghapus dosa selama setahun.

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

“Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab, “Puasa Muharram bisa menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa tanggal 9 Muharram (puasa Tasu’a) untuk membedakan diri dengan orang Yahudi yang hanya melaksanakan puasa tanggal 10 Muharram.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: pada saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shaum Asyura dan memerintah para sahabat untuk melaksanakannya, mereka berkata, “Wahai Rasulullah hari tersebut (asyura) adalah hari yang diagung-agungkan oleh kaum Yahudi dan Nasrani”.

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Insya Allah jika sampai tahun yang akan datang aku akan shaum pada hari kesembilannya”.

Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal sebelum sampai tahun berikutnya” (HR Muslim 1134).

Dalam hadits lain juga disebutkan,

صوموا يوم عاشوراء وخالفوا فيه اليهود وصوموا قبله يوما أو بعده يوما

“Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar).

Sementara dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda bahwa puasa Muharram adalah sebaik-baiknya puasa selain di bulan Ramadhan. Puasa di bulan Muharram disebutkan dapat menghapus dosa-dosa kecil selama satu tahun.

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *