Inilah 5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Paling Tajir Taipan Semen Berharta Rp198 Triliun

Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia
Abdulsamad Rabiu adalah pengusaha muslim asal Nigeria pendiri BUA Group
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Banyak taipan dunia yang mayoritas berasal dari benua Amerika dan Eropa. Sementara beberapa pengusaha Muslim terkaya, berasal dari benua Afrika dan Asia.

Para pengusaha muslim terkaya di dunia ini memiliki bisnis di sejumlah bidang, mulai dari teknologi, semen, properti, real estate, dan sebagainya. Kekayaannya pun mencapai ratusan triliun rupiah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip dari Forbes, berikut 5 pengusaha muslim terkaya di dunia:

Dangote yang lahir dan besar di Nigeria ini adalah muslim terkaya di Afrika. Dia memiliki 85 persen saham di perusahaan semen terbesar di Afrika miliknya, Dangote Cement yang memiliki kapasitas 48,6 juta ton semen per tahun.

Selain itu, dia juga memiliki bisnis di bidang pupuk dan kilang minyak. Kilang Dangote yang dibangun sejak 2016 ini diperkirakan menjadi salah satu penyulingan minyak terbesar di dunia setelah selesai.

Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, kekayaan CEO Dangote Group ini sebesar 13,4 miliar dolar AS atau setara Rp198,5 triliun. Dengan kekayaannya itu, dia menempati peringkat ke-134 orang terkaya dunia saat ini.

2. Azim Premji

Muslim asal Gujarat, India ini adalah raja teknologi dan pendiri perusahaan software Wipro. Dia tercatat sebagai orang terkaya ke-224 di dunia versi Forbes, dengan kekayaan 8,6 miliar dolar AS atau setara Rp127,4 triliun.

Meskipun pernah berhenti kuliah dari Stanford University, namun dia kini memiliki innovation centre di Silicon Valley yang fokus pada pengembangan teknologi baru dan berkolaborasi dengan startup.

3. Shahid Khan

Pengusaha muslim keturunan Amerika-Pakistan ini merupakan seorang insinyur yang kini memiliki 69 pabrik bumper truk dengan total lebih dari 26.000 pekerja di seluruh dunia. Khan juga memiliki klub American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pada 2012 silam.

Setahun kemudian Khan juga membeli klub Liga Inggris Fulham F.C. Kemudian, dia bersama putranya meluncurkan All Elite Wrestling, sebuah perusahaan hiburan gular profesional dan pesaing WWE pada 2019. Khan adalah pendukung keuangan utama Black News Channel, saluran berita kabel 24 jam yang diluncurkan pada Februari 2020.

Menurut data Real Time Billionaires Forbes, pengusaha 72 tahun ini memiliki kekayaan sebesar 7,6 miliar dolar AS atau setara Rp112,6 triliun. Dengan kekayaannya itu, dia berada di peringkat 297 orang terkaya dunia versi Forbes.

Lanjutkan Membaca >>>

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *