Hikmah Pagi : Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Umat muslim dianjurkan banyak melakukan kebaikan pada bulan Muharram, termasuk melaksanakan ibadah sunnah seperti Puasa Tasua dan Asyura. Puasa di bulan Muharram memang menjada ibadah sunnah yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana disebutkan di dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra, yang artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam”, (HR Muslim).

Di antara puasa yang bisa dikerjakan pada bulan Muharram adalah puasa Tasua dan Asyura, di mana Puasa Tasua dan Asyura ini adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram.

Salah satu keutamaan Puasa Tasua dan Asyura adalah dapat memberikan pahala berlipat ganda. Imam Ghazali menjelaskan dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin “Barangsiapa berpuasa tiga hari di bulan mulia (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab dan Muharram) di hari Kamis, Jumat dan Sabtu, maka Allah SWT akan mencatat baginya ibadah 700 tahun”.

Selain itu, keutamaan Puasa Tasua dan Asyura juga akan menerima imbalan penghapusan dosa satu tahun yang lalu. Allah SWT masih memberikan kesempatan pada hamba-Nya untuk bertaubat melalui ibadah puasa.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Abi Qatadah, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa Asyura kemudian beliau menjawab, “menebus dosa satu tahun sebelumnya”, (HR Muslim).

Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2022

Puasa Tasua dan Asyura adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram dan 10 Muharram. Menurut perhitungan kalender Hijiriyah, tanggal 1 Muharram 1444 Hijirah jatuh pada taggal 30 Juli 2022. Sehingga dapat dihitung bahwa jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2022 jatuh pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 dan Senin, 8 Agustus 2022.

Bacaan Niat Puasa Tasua dan Asyura

Setelah mengetahui jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2022, selanjutnya yang perlu diketahui adalah niat dari masing-masing puasa tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Niat Puasa Tasua

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala”.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT”.

2. Niat Puasa Asyura

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatil asyura lillahi ta‘ala”.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT”.

Selain Puasa Tasua dan Asyura, umat muslim juga dapat melaksanakan ibadah puasa sunnah Puasa Muharram. Puasa Muharram ini dapat dilakukan mulai tanggal 1 Muharram, pertengahan bulan, maupun akhir bulan.

Itulah ulasan mengenai keutamaan puasa tasua dan asyura lengkap dengan jadwal dan bacaan niatnya. Semoga bermanfaat!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *