Tafsir Al-Quran Surat Az-Zukhruf Ayat 65-73: Persaudaraan Karena Iman dan Takwa Bersifat Abadi

Tafsir Al-Quran Surat Az-Zukhruf Ayat 65-73
KH Didin Hafidhuddin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menjawab pertanyaan tentang apa saja hal yang terpenting yang dilakukan seorang muslim dalam menjaga hati dari hasad dan dengki? Caranya adalah mendengar atau membaca nasehat atau pendapat orang lain. Orang menjadi hasad dan dengki karena merasa paling benar sendiri. Barangsiapa yang tidak mau menasehat agama dalam 3 hari, maka hatinya akan mati. Dalam masyarakat tidak boleh ada orang yang paling benar sendiri seperti itu, karena akan menjadi penyakit.

Menjawab pertanyaan apakah kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan itu merupakan takdir? Sebenarnya ada jalan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Jika kita berikhtiar untuk mendapatkannya, insya Allah akan ada jalan atau menemukan jalan tersebut. Setidaknya, jika sesorang berusaha dengan sunggug-sungguh, maka akan ada getaran dalam hatinya, untuk mendapatkan kebahagiaan. Walaupun tidak mendapatkan semua yang diminta, tapi telah ada upaya untuk mencapainya. Ada kebahagiaan tertsendiri di sana. Islam juga menghargai proses, bukan hanya hasil akhir. Hal yang bahaya itu adalah orang yang miskin materi dan miskin rohani, sehingga ia akan menjadi peminta-minta dan tidak pernah bersyukur atas sesuatu yang didapatkannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mari kita berdoa untuk jamaah yang telah mendahului kita dan untuk jamaah yang sakit dan dalam proses penyembuhan, agar segera diangkat penyakitnya dan disembuhkan oleh Allah SWT. Kita bacakan Surat Al-Fatihah bersama untuk beliau. Mari kita tutup pengajian kita dengan doa kiffarat majelis. “Subhaanaka allahumma wa bihamdika. Asy-hadu an(l) laa ilaaha illaa anta. Astaghfiruka wa atuubu ilaika”. Demikian catatan ringkas ini. Silakan ditambahi dan disempurnakan oleh hadirin yang sempat mengikuti Ta’lim Bakda Subuh Professor Didin Hafidhuddin tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika mengganggu. Salam. Bustanul Arifin

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *