Bila Hendak Olahraga pada Malam Hari? Segera Pertimbangkan 3 Risikonya Berikut

Olahraga pada Malam Hari
Olahraga pada Malam Hari
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Seringkali olahraga pada malam hari dijadikan sebagai alternatif untuk menyiasati minimnya waktu luang pada pagi hari. Tetapi, olahraga pada malam hari justru memberikan risiko bagi kesehatan. Lantas, apa saja efek kesehatan yang timbul dari olahraga pada malam hari?

1. Kesehatan jantung

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ahli fisiologi olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jajat Darajat Kusumah Negara, menyatakan olahraga pada malam hari setelah beraktivitas seharian penuh dapat membebani kerja jantung. Hal ini karena jantung menjadi tidak memiliki waktu istirahat yang cukup.

“Pada malam hari, jantung harus diistirahatkan guna memulihkan tubuh setelah beraktivitas penuh seharian,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Tempo.co, pada 11 Juli 2019.

2. Jam tidur terganggu

Melansir dari Jurnal Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis, olahraga pada malam hari sebabkan jam tidur terganggu. Terlebih, olahraga yang dilakukan memerlukan intensitas berat, seperti angkat beban. Karena itu, apabila memutuskan olahraga di malam hari, pilih jenis olahraga yang tidak memerlukan intensitas berat.

Olahraga pada malam hari juga meningkatkan suhu tubuh. Melansir dailyhealthpost.com, untuk kembali stabil, tubuh memerlukan waktu selama empat sampai lima jam. Hal itu pun bisa mengganggu jam tidur tubuh sehingga kualitas tidur pun menurun.

3. Konsistensi dan motivasi rendah

Studi Relationship of Consistency in Timing of Exercise Performance and Exercise Levels Among Successful Weight Loss Maintaners menunjukkan bahwa olahraga pada malam hari memungkinkan konsistensi dan motivasi rendah. Sebab, malam hari adalah waktu istirahat setelah seharian beraktivitas penuh sehingga tubuh sudah lelah. Upaya membangun konsistensi dan motivasi olahraga pada malam hari pun akan terganggu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *