Ayoo, Berinfaq Di Jalan Allah

Berinfaq Di Jalan Allah
Berinfaq Di Jalan Allah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.id – Anjuran berinfaq di jalan Allah termasuk ibadah yang ditekankan di dalam ajaran Islam. Berinfaq dengan mengeluarkan harta untuk kepentingan Islam dan umat Islam itu sangat mulia, karena memiliki nilai pemberian kemanfaatan terhadap pihak lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam istilah ilmu Nahwu atau grametikal Arab dikenal, bahwa Fi’il Muta-addi (kata kerja yang membutuhkan maf’ul bih/obyek) itu lebih baik daripada Fi’il Lazim (yang tidak membutuhkan obyek).

Contohnya kalimat: “Akala Zaidun tamran” (Zaid MAKAN kurma), yang memiliki cakupan subyek, predikat dan obyek, jauh lebih baik daripada kalimat: “Qaama Zaidun” (Zaid BERDIRI), yang hanya memiliki unsur subyek dan predikat saja.

Allah SWT telah berfirman dalam hadits Qudsi: “Hai anak Adam berinfaklah, niscaya Aku akan memberi nafkah (memberi gantinya) kepadamu”. (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Di sisi lain, Allah SWT berfirman yang artinya: “Siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak, dan Allahlah yang menahan maupun melapangkan (rezeki) itu, dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah, 245).

Perumpamaan infaq yang dikeluarkan di jalan Allah itu, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir tangkai, pada tiap-tiap bulir itu menghasilkan seratus biji.

Alangkah besarnya balasan kebaikan dan pahala bagi siapa saja yang mau berinfaq menyalurkan hartanya di jalan Allah. Karena dalam berinfaq itu ada nilai kepedulian terhadap pihak lain, terutama di kalangan umat Islam.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Atthabarani, bahwa barangsiapa yang tidak peduli terhadap urusan (problematika) umat Islam, maka ia bukan termasuk dari golongan mereka.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *