Hikmah Malam : Manfaat Air yang Sudah Dibacakan Surat Yasin .

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran yang memiliki banyak keutamaan. Salah satunya, manfaat air yang sudah dibacakan Surat Yasin. Apa saja manfaatnya?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Air merupakan salah satu kebutuhan utama setiap makhluk hidup tak terkecuali manusia, bahkan segala sesuatu di dunia ini diciptakan dari air. Hal ini disebutkan dalam Alquran, Surat Al Anbiya ayat 30. Allah SWT berfirman:

{وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلا يُؤْمِنُونَ}

Latin: Waja’alnaa minal maa i kulla syaiyin hayyin afalaa yu’minuun.Artinya: Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Al-Anbiya: 30).

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa segala sesuatu diciptakan dari air.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ: يَا نَبِيَّ اللَّهِ إِذَا رَأَيْتُكَ قَرَّتْ عَيْنِي، وَطَابَتْ نَفْسِي، فَأَخْبِرْنِي عَنْ كُلِّ شَيْءٍ، قَالَ: “كُلُّ شَيْءٍ خُلِقَ مِنْ مَاءٍ”.

Dari Abu Hurairah, bahwa ia pernah berkata kepada Nabi Saw., “Wahai Nabiyullah, apabila aku melihatmu pandanganku menjadi tenang dan hatiku senang. Maka ceritakanlah kepadaku tentang segala sesuatu.” Rasulullah Saw. bersabda: Segala sesuatu diciptakan dari air.

Manfaat Air yang Sudah Dibacakan Surat Yasin
Sebagian masyarakat Muslim di Indonesia terutama di Jawa dan Kalimantan Selatan memiliki tradisi minta air atau minta banyu. Mereka biasanya mendatangi orang-orang saleh yang memiliki karomah dan derajat kemuliaan dengan membawa air untuk didoakan dengan dibacakan ataupun membaca Surat Yasin.

Melalui wasilah air yang telah didoakan dan dibacakan maupun membaca Surat Yasin, mereka berharap akan dimudahkan urusan termasuk diberikan kesembuhan dari penyakit.

Syekh Abdur Raul al-Manawi menyebutkan beberapa surat yang diterangkan keutamaannya dalam sebuah hadits, yaitu Surat al-Baqarah, Ali Imran, al-Shaffat, Yasin, dan surat-surat yang menyebutkan ihwal Ali Imran.

Di antara manfaat Surat Yasin ketika rutin diamalkan yakni akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut.

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaan atau hajatnya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara khasiat surat ini ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, Dalil landasan bolehnya mengamalkan membacakan dzikir dan Alquran termasuk di dalamnya Surat Yasin pada air minum, yaitu kisah sahabat yang membaca Surat Al Fatikhah pada air kemudian digunakan untuk meyembuhkan orang yang tersengat kalajengking.

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانُوا فى سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَىٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ. فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَىِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِىَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا. وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ. فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَقَالَ « وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ». ثُمَّ قَالَ « خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ

Artinya: Bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- dahulu berada dalam safar (perjalanan jauh), lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantas berkata pada para sahabat yang mampir, “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.” Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu ia pun mendatangi pembesar tersebut dan ia meruqyahnya dengan membaca surat Al-Fatihah. Akhirnya, pembesar tersebut sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya -dan disebutkan-, ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan kisahnya tadi pada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah (artinya: bisa digunakan untuk meruqyah, -pen)?” Beliau pun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim ).

Tawasul dengan perantara air yang sudah dibacakan Surat Yasin disini adalah aktivitas mengambil sarana atau wasilah agar doa seseorang dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Keutamaan Tawasul ini doa yang dipanjatkan seorang Muslim dengan penuh keimanan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Tawasl ini merupayakan upaya mendekatkan diri kepada Allah swt dalam bentuk doa atau ibadah lainnya, dengan menggunakan perantara lain, seperti nama-nama Allah yang mulia (al-Asma’ al-Husna), sifat-sifat-Nya, amal shaleh, atau melalui makhluk Allah, baik dengan doanya atau kedudukannya yang mulia di sisi Allah.

Peneliti Jepang, Dr. Masaru Emoto (22 Juli 1943 – 17 Oktober 2014) dalam bukunya berjudul The Hidden Message in Water dan The True Power of Water sebagaimana dilansir dari laman uin-antasari,ac.id, dijelaskan bahwa air bisa “mendengar” kata-kata, air bisa “membaca” tulisan, dan air bisa “mengerti” pesan.

Dr Masaru Emoto menjelaskan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetic atau compact disk (dalam buku The Hidden Message in Water).

Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan atau pemberi doa, maka semakin dalam pula pesan yang akan tercetak di dalam molekul-molekul air tersebut.

Partikel Kristal air terlihat menjadi “indah” dan “mengagumkan” apabila memperoleh reaksi positif dari sekitarnya, misalnya dengan kegembiraan dan kebahagian, atau kata-kata yang baik dan positif.

Namun partikel kristal air terlihat menjadi “buruk” dan “tidak sedap dipandang mata” apabila mendapat efek negatif dari sekitranya atau kata-kata yang tidak baik.

Dr Masaru Emoto menegaskan bahwa ada kemungkinan seseorang dapat sembuh setelah meminum air yang sudah di doakan karena air yang bersifat menyampaikan pesan dari orang yang mendoakannya.

Spesialis kedokteran jiwa, dr. H. Tb. Erwin Kusuma, Sp.KJyang mendalami bidang psikiatri spiritual dari Klinik Prorevital ini juga menjelaskan bahwa air yang dikonsumsi dalam keadaan baik, bisa menyehatkan. Fungsi menyehatkan itu akan lebih efektif bila air dibubuhi doa atau dialiri bioenergi.

Menurut dr Erwin, air yang telah diberi doa (energi ilahi) atau bioenergi (energi insani) bisa menyembuhkan semua penyakit akibat gangguan metabolisme.

Demikian pembahasan mengenai manfaat air yang sudah dibacakan Surat Yasin.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *