Astagfirullah! Danau Kering Di Mana-Mana, Israel Bakal Pompa Air dari Laut Mediterania

Israel Bakal Pompa Air dari Laut Mediterania
laut Galilea
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Terlepas dari namanya, Laut Galilea di Israel utara sebenarnya adalah danau air tawar, dan merupakan danau yang telah menopang kehidupan selama ribuan tahun. Bahkan saat ini, danau ini mengairi kebun-kebun anggur dan pertanian lokal yang menanam segala sesuatu mulai dari sayuran hijau hingga gandum dan jeruk keprok.

Arkeologi, sumber air panas, dan jalur pendakiannya menghadirkan pariwisata dan mata pencaharian bagi masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun tempat ziarah keagamaan ini — di mana Perjanjian Baru mengatakan banyak mukjizat Yesus dilakukan — menghadapi masa depan yang suram. Krisis iklim menyebabkan fluktuasi besar pada permukaan air danau. Saat ini danau dalam kondisi cukup penuh, tetapi hanya lima tahun yang lalu, kondisinya mencapai rekor terendah.

Perubahan iklim dan pengelolaan air yang tidak berkelanjutan membuat danau mengering di seluruh Timur Tengah dan sekitarnya.

Pemerintah Israel pun harus memutar otak untuk mendapatkan solusi. Salah satunya yakni memompa air dari Laut Mediterania, mengambil garam dari sana dan mengirimkannya ke seberang negara untuk ‘top up’ danau bila diperlukan.

Ini adalah perubahan dramatis untuk Laut Galilea, yang disebut Kinneret dalam bahasa Ibrani, yang pernah memompa hampir semua air minum Israel. Air sekarang akan mengalir ke arah oposisi.

Israel memiliki banyak keahlian dalam desalinasi. Sebagai negara yang rawan air, selama lebih dari dua dekade telah mengambil air laut dari Mediterania dan mengolahnya melalui proses yang disebut ‘reverse osmosis’, pada dasarnya mengeluarkan garam dari air untuk membuatnya dapat diminum.

Ini adalah proses yang dilakukan oleh bagian lain dunia, termasuk California, pada saat kekeringan, tetapi di Israel, ini adalah kenyataan sehari-hari. Lima pabrik desalinasi di sepanjang pantai sekarang menyediakan hampir semua air keran untuk 9,2 juta orang di negara itu.

Proyek baru ini dianggap tidak banyak memberikan harapan karena pipa air hanya berukuran selebar 1,6 meter yang terbentang sepanjang 31 kilometer. Tetapi ini adalah usaha pertama kalinya yang pernah dilakukan. Ini akan mengambil air desalinasi dan memompanya melalui aliran Tsalmon yang akan ‘memberi makan’ ke danau.

Ketika pertama kali mendengar tentang proyek tersebut, Noam Ben Shoa, Kepala insinyur di perusahaan air nasional Israel, Mekorot, berpikir itu adalah ide yang aneh.

“Tetapi segera, kami memahami nilainya bagi pasar nasional itu sendiri,” katanya kepada CNN di lokasi konstruksi untuk pipa tersebut.

Ini juga membantu pengembangan pertanian di wilayah yang lebih luas, serta hubungan dengan negara tetangga Yordania.

Israel memiliki perjanjian lama dengan Yordania untuk menjual puluhan juta meter kubik air setiap tahun ke kerajaan. Pada 2021, kedua negara menandatangani perjanjian baru di mana Yordania akan menerima 200 juta meter persegi air desalinasi per tahun dari Israel – sekitar 20% dari kebutuhan air Yordania – dengan imbalan energi matahari untuk membantu memberi daya pada jaringan listrik Israel. Perusahaan Emirat akan membangun 600 pembangkit listrik tenaga surya di Yordania untuk menghasilkan energi.

Shoa mengatakan dalam beberapa bulan, pipa baru senilai USD264 juta (Rp4 triliun) diharapkan berfungsi, dan akan mampu memindahkan 120 juta meter persegi air per tahun, tetapi hanya akan memompa ke danau bila diperlukan.

“Keunikan proyek ini adalah memberikan kami fleksibilitas yang hampir tak terbatas,” katanya.

“Kami pada dasarnya dapat mengambil air di tempat yang tersedia … dan hanya mengalihkannya dan mengangkutnya ke mana pun dibutuhkan. Di pusat-pusat populasi, untuk keperluan pertanian atau industri juga,” lanjutnya.

Kebutuhan untuk melakukan hal-hal yang sangat berbeda melanda rumah tangga selama kekeringan lima tahun terakhir, yang berakhir pada 2018. Meskipun ada larangan memompa air dari danau, ketinggian air di sini masih mencapai rekor terendah. Tapi itu juga yang akan datang dengan memburuknya krisis iklim yang telah mendorong otoritas air Israel untuk campur tangan sekarang.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *