Tetap Positif, Gubernur BI Optimistis Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5,3 Persen Tahun Ini

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Gubernur Bank Indonesia (BI) yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Perry Warjiyo optimistis, perbaikan ekonomi domestik terus berlanjut. Hal tersebut tercermin dari realisasi Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal II 2022 sebesar 5,44 persen secara tahunan (yoy), jauh lebih tinggi dari prakiraan dan capaian kuartal sebelumnya sebesar 5,01 persen (yoy).

Perry melanjutkan, tingginya pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan permintaan domestik, terutama konsumsi rumah tangga, serta tetap tingginya kinerja ekspor. Perbaikan ekonomi nasional juga tercermin pada peningkatan pertumbuhan mayoritas lapangan usaha, terutama Industri Pengolahan, Transportasi dan Pergudangan, serta Perdagangan Besar dan Eceran.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Secara spasial, perbaikan ekonomi ditopang oleh seluruh wilayah, terutama Jawa, Sumatera, dan Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua). Ke depan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan tetap tinggi,” kata Perry dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (23/8).

Berbagai indikator dini pada Juli 2022 dan hasil survei Bank Indonesia terakhir, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur terus membaik. Dari sisi eksternal, kinerja ekspor hingga bulan Juli 2022 tetap positif di tengah melambatnya perekonomian global.

“Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan bias ke atas dalam kisaran proyeksi Bank Indonesia pada 4,5 persen-5,3 persen,” pungkas Perry.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *