Numpang Nanya Bro

nenek Saulina
nenek Saulina
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Tere Liye, penulis novel ‘Negeri Para Bedebah’

Hajinews.id – Lihat foto ini baik-baik, nama nenek ini adalah Saulina boru Sitorus. Usia 92 tahun. Di foto ini, dia baru saja divonis oleh hakim masuk penjara 1,5 bulan. Tok! Kejadian ini tahun 2018.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kenapa Saulina masuk penjara? Alasan yang sepele sekali. Ribut-ribut pohon durian ditebang, karena membangun tugu untuk makam leluhur.

Lihat foto Nenek ini yang sedih. Kalian tahu tidak kasus ini? Wah, 99% tidak. Nenek ini menangis saat sidang, bilang ke hakim bahwa dia tidak tahu hukum saat menebang pohon itu, dia bilang sudah minta ijin, dll.  Hakim tetap TEGAS memvonisnya. Meskipun akhirnya dia tidak masuk penjara, karena sudah menjalani tahanan rumah dua bulan, tetap saja, dia susah payah harus menjalani proses pengadilan, dan divonis.

Komnas HAM, Komnas Perempuan kemana dulu? Coba tanyakan ke mereka. Apakah mereka mendadak heboh sekali seperti sekarang saat ngurusin istri Sambo?

Pernah tidak mereka bilang ke media jika nenek Saulina butuh perlindungan sebagai wanita. Butuh psikolog, dll? Keluarga nenek Saulina pernah tidak ditanya apakah mereka perlu dilindungi dari perundungan, bully? Pernah tidak mereka bikin pernyataan-pernyataan terkait Nenek Saulina.

Hukum di negeri ini benar-benar ajaib. Siapa sih yang peduli saat rakyat kecil berurusan dengan hukum? Tapi giliran keluarga pejabat, semua mendadak jadi jubir, peduli, wow deh.

Jadi tolonglah kalian komnas-komnas, kalian itu digaji pakai duit negara. Di negeri ini, alangkah banyak komisi-komisi. Nyaris tiap urusan ada komisi nasional. Ada gunanya tidak? Coba jawab yang jujur.

Atau komisi-komisi ini dibuat buat nambah lowongan pekerjaan saja?  Nah, jika kalian merasa berguna, tolonglah tunjukkan kerjaan kalian itu.

Ribuan rakyat kecil harus susah payah berjuang menghadapi proses hukum. Sebagian dari mereka memang salah, tapi sebagian lagi hanya kasus sepele, tapi jika istri Sambo yang tersangka PEMBUNUHAN BERENCANA begitu dispesialkan, kenapa rakyat kecil ini tidak?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *