Subhanallah! Berusia Ratusan Tahun, Masjid Noori Muncul dari Danau di India

Masjid Noori Muncul dari Danau di India
Masjid Noori yang berusia ratusan tahun dan sempat tenggelam selama tiga dekade kini muncul kembali di permukaan danau di India. Foto: Istimewa.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebuah masjid yang tenggelam tiga dekade lalu di bendungan Phulwaria, Nawada, Bihar, India kembali muncul ke permukaan. Rumah ibadah yang diketahui bernama Masjid Noori itu muncul ke permukaan saat air bendungan mengering.

Menurut Islamic Information, di tahun 1985, bendungan Phulwaria menenggelamkan Masjid Noori. Masjid ini memiliki tinggi sekitar 30 kaki atau 9 meter.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut laporan, banyak pemuda terlihat memadati area tersebut saat masjid tersebut terlihat. Mereka kerap mengamati area waduk dan cukup terkejut menemukan ada sebuah masjid di sana.

Untuk menuju ke Masjid Noori pada permuda itu harus berjalan melewati lumpur hingga mencapai tembok pembatas dari struktur lama.

Bangunan itu benar-benar utuh ketika banyak orang memasuki masjid. Bahkan, struktur masjid belum rusak meskipun terendam selama beberapa dekade.

Ketika ketinggian air berkurang, hanya sebagian kecil dari kubah masjid yang terlihat, sehingga sulit bagi orang untuk memahami apa itu semua. Namun, saat air mengering, penduduk setempat dapat melihat Masjid Noori di tempat terbuka.

Masjid yang tenggelam ini diyakini sudah ada sebelum pembangunan Bendungan Phulwaria dimulai pada tahun 1979.

Meskipun pembangunan bendungan telah selesai, masjid tetap tidak terpengaruh. Seluruh area, termasuk masjid, terendam oleh penampung air bendungan.

Masjid Noori diyakini dibangun sekitar awal abad ke-20 dan memiliki usia maksimal sekitar 120 tahun. Hal tersebut terlihat dari arsitektur kubah masjid lebih tajam, mencirikan pembangunan di periode Mughal.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *