Ini Kata-kata Bijak Imam Al-Ghazali tentang Kehidupan

Kata-kata Bijak Imam Al-Ghazali
Kata-kata Bijak Imam Al-Ghazali
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kata-kata lembut melunakkan hati yang lebih keras dari batu, kata-kata kasar mengeraskan hati yang lebih lembut dari sutera.

Hajinews.id Imam Al-Ghazali merupakan tokoh ulama tasawuf terkenal di dunia. Salah satu karya terkenalnya adalah Ihya Ulumiddin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ulama kelahiran Tus, Iran ini juga terkenal dengan nasihat-nasihat bijaknya. Berikut adalah kata-kata bijak Imam Al-Ghazali tentang Kehidupan.

  1. Kebahagiaan adalah ketika seseorang mampu menguasai nafsunya. Sementara kesengsaraan adalah ketika seseorang dikuasai oleh nafsunya.
  2. Belum pernah aku berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwaku sendiri, yang terkadang membantuku, dan terkadang menentangku.
  3. Kata-kata lembut melunakkan hati yang lebih keras dari batu, kata-kata kasar mengeraskan hati yang lebih lembut dari sutera.
  4. Jika melihat orang jahat, jangan anggap kita lebih mulia karena mungkin satu hari nanti dia akan insaf dan bertaubat atas kesalahannya.
  5. Jiwa manusia itu seperti cermin yang memantulkan bayangannya. Kebajikan akan membuat jiwa itu bersinar, sementara keburukan akan membuatnya gelap.
  6. Cinta merupakan sumber kebahagiaan. Dan cinta terhadap Allah harus dipelihara dan dipupuk, suburkan dengan shalat serta ibadah yang lainnya.
  7. Kita tidak dapat mengakui bahwa setiap orang yang mengaku beragama itu pasti mempunyai segala sifat-sifat yang baik.
  8. Doakanlah temanmu, baik selagi hidup maupun sesudah dia meninggal dunia.
  9. Setengah tak percaya pada Tuhan di dunia ini disebabkan oleh orang-orang yang membuat tampilan jelek pada agamanya karena perilaku buruk dan kebodohan mereka.
  10. Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah.
  11. Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad.
  12. Jadikan kematian itu hanya pada badan kerana tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur sentiasa menanti kedatanganmu setiap masa.
  13. Nafsu bisa membuat seorang raja menjadi budak. Sementara sabar bisa membuat seorang budak menjadi raja.
  14. Maafkanlah temanmu yang sedang berbuat kesalahan dan jangan sekali-sekali mencelanya.
  15. Jangan biarkan hatimu mendapatkan kesenangan dengan pujian dari orang lain atau kamu akan sedih dengan kecaman mereka.
  16. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia karena ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan.
  17. Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci.
  18. Jangan berteman dengan teman yang hanya ada ketika sehat atau kaya, karena teman seperti itu sungguh berbahaya sekali bagi kamu di belakang hari.
  19. Lidah yang lepas dan hati yang tertutup dan penuh dengan kelalaian itu alamat kemalangan besar.[]
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *