Berbagai Ragam Makanan Sumber Lemak Baik

Makanan Sumber Lemak
kacang almond
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Lemak kerap dihindari banyak orang karena bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Namun, jika dalam jumlah yang cukup, lemak punya manfaat yang baik bagi tubuh.

Asosiasi Jantung Amerika menyebut lemak jenuh tidak berbahaya jika dikonsumsi di bawah 10 persen dari total asupan kalori. Berikut berbagai jenis makanan mengandung lemak namun termasuk kategori makanan sehat menurut Livescience dan Healthline.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Telur

Meskipun sering disebut sebagai sumber protein hewani, telur juga merupakan sumber lemak baik. Dalam satu butir telur setidaknya ada hingga 5 gram lemak dengan persentase lemak tak jenuh 3,4 gram dan 1,6 gram lemak jenuh. Dalam satu butir telur ada sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, ada juga nutrisi penting seperti vitamin B12, fosfor, dan antioksidan.

Kacang

Selain mengandung protein dan zat besi, kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan. Ini termasuk semua olahan kacang atau kacang yang tidak diproses dengan menggunakan minyak sawit, seperti selai kacang, almond, atau hazelnut.

Biji-bijian

Biji-bijian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh sebab mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, serta serat. Tidak heran jika biji-bijian bisa dimasukkan ke salah satu menu diet andalan. Namun, selain mengandung berbagai nutrisi penting, biji-bijian juga mengandung lemak tak jenuh. Dalam 1 ons biji-bijian setidaknya mengandung 12 gram lemak tak jenuh. Biji-bijian yang dimaksud seperti biji chia, biji labu, ataupun biji bunga matahari.

Cokelat hitam

Camilan lezat ini selain kaya mineral dan serat juga mengandung lemak sehat. Dalam satu ons cokelat hitam setidaknya terdapat 8,9 gram lemak sehat dengan 2 gram zat besi dan 158 mg potasium.

Ikan berminyak

Jenis ikan berminyak yang biasa disebut punya kandungan nutrisi tinggi adalah tuna dan salmon. Keduanya kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Selain itu, ikan berminyak juga memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, kalium, kalsium, dan lemak. Dalam satu porsi ikan berminyak setidaknya mengandung 4,5 gram lemak.

Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lain yang umumnya sebagian besar kandungannya berupa karbohidrat, 80 persen alpukat justru merupakan lemak. Meski demikian, alpukat bermanfaat untuk menghalau kolesterol dalam tubuh berdasarkan penelitian yang melibatkan 45 peserta. Selama lima minggu, mereka mengonsumsi sebutir alpukat sehari dan hasilnya berupa kabar baik bagi profil kolesterol.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *