SBY Puji Anies Baswedan Berwawasan Luas Sampai Siap Turun Gunung di Pilpres 2024

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap turun gunung pada Pilpres 2024 mendatang.

SBY mengaku khawatir dengan kontestasi politik lima tahunan itu yang tidak menguntungkan partainya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pasalnya, Presiden Indonesia 2004-2014 itu mendengar kabar Pemilu 2024 akan dicurangi.

Hal tersebut diungkap SBY saat berpidato di acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat, Kamis (15/9/2022).

Video pidato SBY soal kekhawatiran di Pemilu 2024 tersebut pun viral, seperti ditayangkan Kanal YouTube Tribunnews.com, Sabtu (17/9/2022).

“Para kader mengapa saya harus turun Gunung menghadapi pemilihan umum 2024 mendatang?”

“Saya mendengar, mengetahui bahwa ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil,” kata SBY dalam pidatonya.

SBY mendapatkan informasi bahwa Pilpres 2024 akan diatur sedemikian rupa sampai hanya ada dua pasangan calon.

Namun, pihak yang mengaturnya tidak disebutkan SBY secara jelas.

Upaya pembatasan jumlah peserta Pilpres 2024 disebutkan SBY juga untuk menjegal capres dan cawapres usungan Demokrat.

Konon akan diatur dalam pemilihan presiden nanti yang hanya diinginkan oleh mereka dua pasangan capres dan cawapres saja.”

“Informasinya Demokrat sebagai oposisi, jangan harap bisa mengajukan capres dan cawapres-nya sendiri, bersama koalisi tentunya, jahat bukan?” imbuhnya.

Menurutnya hal tersebut akan menciderai hak-hak rakyat Indonesia.

SBY juga mengatakan, Pemilu adalah hak rakyat, hak untuk memilih, hal untuk dipilih.  Pun, yang berdaulat juga rakyat.

“Menginjak-injak hak rakyat bukan? pikiran seperti itu batil, itu bukan hak mereka, pemilu adalah hak rakyat, hak untuk memilih dan hak untuk dipilih yang berdaulat juga rakyat.”

SBY flashback, masa kepemimpinannya saat menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) dua periode.

Klaimnya dirinya tidak pernah ‘menciderai’ momen Pemilu.

“Dan ingat selama 10 tahun dulu kita di pemerintahan dua kali melaksanakan Pemilu termasuk Pilpres, Demokrat tidak pernah melakukan kebatilan seperti itu,” imbuhnya lagi.

 

SBY Puji Anies Baswedan Berwawasan Luas

Masih terkait dengan Pilpres 2024, SBY disebut memasukkan nama Anies Baswedan dalam pilihan kandidat capres yang akan diusung Demokrat.

SBY menyebut Anies Baswedan sebagai sosok yang berwawasan luas.

Selain itu, sang Gubernur DKI Jakarta juga dekat dengan putra SBY sekaligus Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pernyataan SBY soal Anies Baswedan ini diungkap oleh Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono kala berbicara menanggapi pernyataan Anies Baswedan yang mengaku siap menjadi capres di Pilpres 2024.

MJN, sapaannya, mengaku informasi tersebut diterimanya dari anggota Majelis Tinggi Syarief Hasan.

“Keputusan strategis seperti partai koalisi dan calon presiden dan wapres merupakan kewenangan majelis tinggi Partai Demokrat yang diketuai Bapak SBY dan wakilnya AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Pernyataan anggota Majelis tinggi Syarief Hasan bahwa Anies masuk radar dari Pak SBY, karena punya wawasan yang bagus dan punya chemistry dengan AHY,” ujarnya, Sabtu (17/9/2022).

“Sesuai pidato ketum kriteria capres dan cawapres harus memiliki integritas dan kapasitas, elektabilitas atau dukungan terkuat dari rakyat. Kriteria lain yang juga penting disebutkan adalah Harus memiliki chemistry. Memiliki kekuatan hati dan energi yang saling percaya, saling menghargai, saling menguatkan dan saling melengkapi,” tambahnya.

Meski demikian, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini mengingatkan Anies soal masa jabatannya yang masih tersisa satu bulan lagi.

“Terkait dengan kontestasi Pilpres 2024. Perlu dicatat adanya dukungan penuh dari 34 DPD Partai Demokrat mendukung Ketum AHY untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. (Untuk Anies) kan tinggal sebulan lagi, ya selesaikan itu dulu dong sesuai pernyataan beliau mau fokus sampai sudah 16 Oktober,” pungkasnya.(dbs)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *